Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Luar Biasa, Aksi Istri PM Baru Skotlandia dengan Pakaian Palestina Gemparkan Parlemen

Luar Biasa, Aksi Istri PM Baru Skotlandia dengan Pakaian Palestina Gemparkan Parlemen Kredit Foto: Twitter/Humza Yousaf
Warta Ekonomi, Edinburg -

Istri Menteri Pertama Skotlandia yang baru, Humza Yousaf, memamerkan warisan budaya Palestina dengan mengenakan thobe bersulam tradisional, yang dikenal dengan nama tatreez, di Parlemen Skotlandia minggu lalu.

Dilansir Middle East Monitor, Nadia El-Nakhla hadir untuk menyaksikan pengukuhan resmi suaminya sebagai kepala Pemerintah Skotlandia pada 28 Maret, ketika ia menandatangani formulir pencalonan.

Baca Juga: Medan Perang Seperti Inilah yang Bakal Terbentuk di Masjid Al-Aqsa Jika Palestina...

resized1-1-6-1.jpg?w=1200&quality=85&strip=all&zoom=1&ssl=1

Yousaf membuat sejarah bulan lalu dengan menjadi pemimpin Muslim dan etnis minoritas pertama dari sebuah partai politik Inggris, setelah terpilih sebagai Ketua Partai Nasional Skotlandia (SNP), menggantikan Nicola Sturgeon yang mengundurkan diri secara mengejutkan.

El-Nakhla, 39 tahun, adalah seorang anggota dewan SNP di Dundee. Ia lahir di Skotlandia dari seorang ayah Palestina dan sangat vokal dalam mendukung perjuangan Palestina.

Dia tetap berhubungan secara teratur dengan kerabatnya di Gaza. Sebelum memasuki dunia politik, dia memenuhi syarat dan bekerja sebagai psikoterapis.

Tatreez dalam bahasa Arab berarti "bordir" atau "to stich" dan biasanya terdiri dari bordir tusuk silang, yang dijahit dengan tangan oleh para wanita untuk menghiasi thobe dan barang-barang lainnya.

Pakaian ini dianggap sebagai bagian dari identitas nasional Palestina dan sarana untuk melestarikan warisan budaya rakyat Palestina. Mengenakan pakaian ini adalah salah satu cara untuk mengekspresikan penentangan terhadap pendudukan Israel yang sedang berlangsung di Palestina.

Pada tahun 2019, anggota Kongres AS Rashida Tlaib, yang juga berasal dari Palestina, mengenakan pakaian tradisional ini pada upacara pelantikannya di Washington DC, yang mendorong tagar #TweetYourThobe menjadi tren di Twitter. Dia juga mengenakan thobe tradisional untuk pidato kenegaraan mantan Presiden Donald Trump pada tahun 2020.

Merayakan warisan budayanya sendiri, sehari setelah menandatangani formulir pencalonan, Yousaf, 37 tahun, mengenakan jaket salwar kameez hitam Pakistan saat ia dilantik sebagai Menteri Pertama Skotlandia keenam dan Penjaga Segel Skotlandia di Pengadilan Sidang di Edinburgh.

Baca Juga: Kominfo Ajak Masyarakat Waspadai Jeratan Investasi dan Pinjol Ilegal, Begini Ciri-cirinya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Muhammad Syahrianto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: