Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kebutuhan Uang Tunai Dipastikan Meningkat Saat Lebaran, Bank Mandiri Regional VIII/3 Jatim Siapkan Rp2,7 Triliun

Kebutuhan Uang Tunai Dipastikan Meningkat Saat Lebaran, Bank Mandiri Regional VIII/3 Jatim Siapkan Rp2,7 Triliun Kredit Foto: Mochamad Ali Topan
Warta Ekonomi, Surabaya -

Bank Mandiri Regional VIII/ Jawa 3 (Jawa Timur) menggelontorkan uang tunai sebesar Rp2,7 triliun untuk masyarakat Jawa Timur dalam rangka kebutuhan jelang Lebaran tahun ini. Sementara, secara nasional, Bank Mandiri menyiapkan uang tunai untuk kebutuhan lebaran tahun ini sebesar Rp49,5 triliun atau meningkat 7,9 persen.

Menurut Regional CEO Bank Mandiri VIII/ Jawa 3, Tri Nugroho, untuk tahun ini, peningkatan akan kebutuhan uang tunai diprediksi sebesar 17 persen bandingkan tahun sebelumnya. 

Baca Juga: SKB Food Collaboration with Bank Mandiri Facilitates Access to MSME Capital Strengthening

"Peningkatan ini seiring dengan pencabutan kebijakan pembatasan sosial oleh pemerintah sehingga kebutuhan uang Lebaran secara tunai dipastikan akan meningkat. Guna memenuhi kebutuhan itu kami telah menyediakan uang tunai dengan angka itu (Rp2,7 Triliun)," terang Tri di Surabaya, Rabu (13/4/2023).

Tri juga menyebutkan, dari jumlah itu, total proyeksi alokasi untuk kebutuhan pengisian Anjungan Tunai Mandiri (ATM) sebesar Rp230 miliar per hari atau dipastikan akan meningkat sekitar 12 persen.

"Inisiatif tersebut sejalan dengan keinginan perseroan untuk memastikan nasabah dapat melakukan berbagai aktivitas rutin di bulan Ramadan dan Idulfitri secara nyaman bagi masyarakat nantinya," ujarnya.

Selain itu, untuk memastikan kesiapan operasional dalam melayani kebutuhan transaksi masyarakat Jawa Timur, sebanyak 28.422 unit EDC dan 1.651 unit mandiri ATM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus sudah siap menjadi sahabat masyarakat Jawa Timur selama libur Lebaran ini.

Tri menambahkan, pihaknya juga memastikan kesiapan tim monitoring dan pengamanan mesin ATM agar selalu siap melayani nasabah, serta layanan customer care untuk melayani seluruh keluhan nasabah dengan responsif, baik yang disampaikan melalui contact center 14000, kantor cabang, surat elektronik maupun akun media sosial resmi perseroan.

Baca Juga: Gandeng Bank Mandiri Region I, IDI Medan Gelar Peduli Disabilitas

Bank Mandiri akan terus mengimbau nasabah untuk meningkatkan pemanfaatan jaringan elektronik lainnya seperti layanan mobile banking Livin' by Mandiri untuk kenyamanan bertransaksi. Saat ini, hampir seluruh transaksi pembayaran sudah bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Livin' by Mandiri pada smartphone nasabah.

"Ada lebih dari 3.000 merchant yang terhubung ke aplikasi ini, di antaranya pembayaran tagihan bulanan, termasuk televisi berlangganan, pembelian pulsa dan data, pembelian tiket pesawat dan kereta api, top up Mandiri e-money dengan android atau iOS, top up otomatis e-wallet, tarik tunai tanpa kartu, serta pembayaran dengan Quick Response (QR) payment hingga belanja di merchant ataupun ecommerce pilihan," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Ali Topan
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: