Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tips Menambah Pendapatan Selama Bulan Ramadan

Tips Menambah Pendapatan Selama Bulan Ramadan Kredit Foto: Kominfo
Warta Ekonomi, Jakarta -

Momentum bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri diprediksi akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Sebab, konsumsi selama periode ini relatif jauh lebih besar dari waktu lainnya. Ditambah lagi, hambatan mobilitas dari Pandemi Covid-19 semakin berkurang. 

Data BPS pun mencatat angka inflasi di bulan Ramadhan ini relatif lebih rendah dari tahun sebelumnya, yaitu 0,18 persen. Besarnya potensi ekonomi di bulan Ramadhan ini menjadi kesempatan yang sangat saying untuk dilewatkan.

Oleh sebab itu, Kominfo Bersama GNLD Siberkreasi mengadakan kegiatan Obral Obrol Literasi Digital (OOTD) Ngabuburit dengan tema “Tingkatkan Cuan di Bulan Ramadhan” pada Rabu, 13 April 2023. 

Baca Juga: Tips dan Trik Cara Membuat Konten yang Menarik, Literasi Digital dari Kemenkominfo Sasar Siswa di Bone

CEO Infina dan Koordinator Divisi Konten Kreatif Siberkreasi, Oktora Irahadi, menjelaskan pola konsumsi masyarakat di masa Ramadhan selalu lebih besar. Karena itulah, peluang bisnis juga semakin banyak. 

Dalam membuat konten kreatif, Oktora menyebut pentingnya target pasar, sudut pandang, tren media sosial, dan personal branding. Kemampuan mengenali hal-hal tersebut menjadi langkah krusial.

Oktora membagikan upaya untuk mendapatkan cuan selama bulan Ramadhan. Langkah utamanya yaitu memanfaatkan media sosial dengan opsi strategi bantuan influencer atau memasang iklan.

Marcella Eteng selaku seorang content creator menuturkan mengapa harus konsisten dalam membuat konten.

“Kita itu direward sama social media kalau misalnya kita konsisten bikin konten. Semakin konsisten, social media bakal notice kita, dan dia bakal kasih kita algoritma yan bagus,” ucapnya. 

Dengan semakin banyaknya content creator, Marcella merasa semakin bersemangat karena itu menunjukkan pasar semakin besar. Peluang mendapatkan cuan sebagai content creator pun semakin beragam. Selain endorsement, content creator juga dapat komisi sebagai affiliate marketing. 

“Apalagi di bulan Ramadhan ini, aku lihat ya sebagai conten creator beberapa tahun terakhir ini saat bulan Ramadhan itu bisnis itu banyak budgetnya untuk endorse influencers,” jelasnya.

Baca Juga: THR Cair nih, Pilih buat Belanja atau Bayar Utang? Jangan Gegabah, Simak Tips ini Dulu

Menurutnya, peluang inilah yang mesti dimanfaatkan, misal dengan menyodorkan proposal langsung ke brand atau perusahaan.

Sebagai CEO & Co-Founder Kururio, Eko Prasetya menyatakan platform Kururio menjadi wadah bagi pelaku UMKM khusus di daerah perdesaan yang tersebar di 111 kabupaten/kota. Dalam konteks bulan Ramadhan, Eko menyebut aktivitas sedekah juga mampu memberikan peluang cuan tersendiri, misalnya membayar fidyah bagi mereka yang tidak dapat puasa. 

“Jadi bisnis tidak hanya menguntungkan kita sendiri, tapi bagaimana bisnis kita berkolaborasi dengan ekosistem lain supaya manfaat yang berada di bulan Ramadhan ini bisa kita raih keberkahannya semaksimal mungkin,” jelasnya. 

Untuk bisa terus mendapatkan informasi ter-up to date mengenai kegiatan Zoom Bareng dan kegiatan seru lainnya, dapat dilihat di info.literasidigital.id atau follow media sosial Literasi Digital Kominfo.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: