Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Begini Capaian Sarinah dalam Mendukung UMKM Setelah Satu Tahun Transformasi

Begini Capaian Sarinah dalam Mendukung UMKM Setelah Satu Tahun Transformasi Kredit Foto: Sarinah
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Sarinah, anggota Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung, telah bertransformasi pada 2022 lalu. Sebagai upaya untuk mengikuti modernisasi dan pertumbuhan ekonomi nasional, Sarinah berkomitmen untuk terus menjadi wadah bagi UMKM nasional serta mengangkat seni dan budaya Indonesia. Tidak hanya menjadi pusat perbelanjaan, Sarinah juga menjadi destinasi wisata dan Panggung Karya Indonesia. 

Kini Sarinah bertransformasi menjadi pusat ekosistem bisnis berbasis komunitas yang mengunggulkan produk-produk lokal. Sarinah memiliki empat fokus bisnis yaitu pusat retail, perdagangan, properti dan digital. Melalui wajah baru, Sarinah membawa produk UMKM unggulan untuk dapat Go Global melalui Trading House dan Sarinah Duty Free, toko bebas bea pertama di pusat kota Jakarta yang melayani traveler dan komunitas diplomat. 

“Sesuai dengan slogannya yaitu Panggung Karya Indonesia, Sarinah berkomitmen untuk memberikan tempat atau wadah yang strategis dan premium bagi jenama lokal. Kami telah berkolaborasi dengan beragam komunitas di Indonesia yang memiliki fokus yang berbeda untuk memanfaatkan ruang dan fasilitas yang dimiliki oleh Sarinah seperti galeri seni dan open spaces.” ujar Fetty Kwartati, Direktur Utama PT Sarinah. 

Baca Juga: Tidak Contek Sarinah, Menkop Teten: Smesco Harus Punya Rules Model Bisnis Sendiri

“Selama satu tahun ini, ada lebih dari 100 acara musik dan seni telah diselenggarakan di Sarinah yang disaksikan oleh ribuan penonton. Selain itu, ada lebih dari 50 tenant dan 500 mitra UMKM yang telah diberikan panggung untuk memamerkan produknya di Sarinah. Jumlah ini akan terus bertambah hingga diharapkan mencapai lebih dari 1.000 mitra.” lanjut Fetty. 

Pasca Transformasi, Sarinah melahirkan program pembinaan UMKM yang bernama Sarinah Pandu dimana dalam penyempuranaan brand dan bisnisnya. Sarinah Pandu dibentuk untuk menjaring UMKM unggulan menuju level yang lebih tinggi dan menjadi rumah bagi jenama lokal unggulan yang telah terkurasi dengan baik sesuai dengan visi dan misi Sarinah. Sarinah Pandu menawarkan program keberlanjutan yang lebih lengkap dan berdampak pada bisnis serta manajemen para anggotanya. 

Dalam menyambut bulan Ramadan kali ini, Sarinah juga memanfaatkan momen festive ini untuk memperkenalkan beberapa jenama lokal lewat ajang fashion show ramadan yang berlangsung di Sarinah. Di momen spesial Ramadan ini, Sarinah telah menambah lebih dari 40 jenama lokal baru dimana beberapa area didedikasikan untuk produk lebaran, yakni modest ladieswear, baju koko dan hampers. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Advertisement

Bagikan Artikel: