Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Arus Balik Lebaran 2023, Pemerintah Jokowi Kembali Berikan Diskon Tarif 20% di 12 Ruas Tol, Simak!

Arus Balik Lebaran 2023, Pemerintah Jokowi Kembali Berikan Diskon Tarif 20% di 12 Ruas Tol, Simak! Kredit Foto: Kementerian PUPR
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyambut baik inisiatif Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang turut memberikan diskon tarif tol pada arus balik Lebaran 2023.

Dimana sebelumnya 6 (enam) ruas jalan tol, yakni 3 ruas di Pulau Jawa (jalan tol Jakarta-Cikampek, Tangerang-Merak dan Cibitung-Cilincing) dan 3 ruas di Pulau Sumatera (jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Kayu Agung-Palembang-Betung).

Saat ini bertambah 6 (enam) ruas jalan tol Trans Jawa, sehingga total terdapat 12 (dua belas) ruas jalan tol yang memberikan diskon tarif tol pada arus balik Lebaran 2023.

Baca Juga: Lampung Akhirnya Dapat Sorotan dari Pemerintah Pusat, Sandiaga Uno Sedang Upayakan Percepatan Pembangunan dengan Menteri PUPR

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Triono Junoasmono menyampaikan bahwa diskon tarif tol ini merupakan upaya Pemerintah bersama BUJT untuk memecah arus kepadatan lalu lintas dan penumpukan di jalan tol pada saat arus balik Lebaran 2023.

"Diharapkan diskon tarif tol ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk kembali ke Jakarta," kata Triono dalam keterangannya, Minggu (23/4/2023).

Penerapan diskon tarif tol terjauh sebesar 20% diberlakukan pada tanggal 27 April 2023 pukul 06.00 WIB sampai dengan 29 April 2023 pukul 06.00 WIB pada 6 (enam) ruas jalan tol Trans Jawa dari Semarang hingga Jakarta, yakni:

1. Jalan tol Batang-Semarang, yang dikelola oleh PT. Jasamarga Semarang Batang (Untuk semua golongan kendaraan)

2. Jalan tol Pemalang-Batang, yang dikelola oleh PT. Pemalang Batang Toll Road (Untuk semua golongan kendaraan)

3. Jalan tol Pejagan-Pemalang, yang dikelola oleh PT. Pejagan Pemalang Toll Road (Untuk semua golongan kendaraan)

4. Jalan tol Kanci-Pejagan, yang dikelola oleh PT. Semesta Marga Raya (Untuk semua golongan kendaraan)

5. Jalan tol Palimanan-Kanci, yang dikelola oleh PT. Jasa Marga (Persero) Tbk (Untuk semua golongan kendaraan)

6. Jalan Tol Cikampek (Cikopo)-Palimanan, yang dikelola oleh PT. Lintas Marga Sedaya. (Hanya kendaraan Golongan 1)

Sebelumnya, untuk arus balik Lebaran 2023, diskon tarif tol untuk semua golongan kendaraan juga diberikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebesar 20% untuk ruas Tol Jakarta-Cikampek 27-29 April 2023 pada Gerbang Tol Cikampek Utama dan Gerbang Tol Kalihurip Utama.

Baca Juga: Teruskan Revitalisasi Monas yang Sempat Digarap Anies, Menteri PUPR Adakan Pertemuan dengan Heru Budi

PT Hutama Karya (Persero) Tbk pada ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dan rua Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera, juga memberikan diskon tarif tol sebesar 20% pada 27-29 April 2023 untuk semua golongan kendaraan pada tarif tol terjauh (masuk Gerbang Tol Bakauheni Selatan keluar Gerbang Tol Kayu Agung).

Baca Juga: Kominfo Ajak Masyarakat Waspadai Jeratan Investasi dan Pinjol Ilegal, Begini Ciri-cirinya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Sabrina Mulia Rhamadanty

Advertisement

Bagikan Artikel: