Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Promosikan Pariwisata Jabar, 1.000 Warga Lokal Dilatih Jadi Kreator Konten

Promosikan Pariwisata Jabar, 1.000 Warga Lokal Dilatih Jadi Kreator Konten Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengumumkan 1.000 nama content creator yang terpilih dalam program Smiling West Java Ambassador 2023. 

Ke-1.000 content creator ini akan menjadi duta pariwisata yang bertugas mengeksplorasi potensi desa di seluruh penjuru Jabar.

Baca Juga: RupaBumi Jabar Raih Penghargaan Badan Informasi Geospasial RI

Tahun lalu, program ini diikuti hanya 108 content creator dan mendapat perhatian positif dari banyak pihak, termasuk Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Menurutnya, program ini menjadi sebuah inovasi dalam mempromosikan pariwisata Jawa Barat.

"Cintai yang kamu kerjakan, dan kerjakan yang kamu cintai. Menurut saya, itu nikmat sekali. Jadi yang suka buat video, buat sebagus mungkin konten-kontennya. Apalagi pariwisata, kita tidak hanya bicara natural wonders saja. Tapi ada sisi-sisi yang bisa diangkat seperti kulinernya, sejarahnya, dan lain-lain. Ini cara kreatif Jawa Barat dalam mempromosikan pariwisata," kata Ridwan Kamil dalam keterangan resminya, Selasa (2/5/2023).

"Saya titip promosikan dengan tema Tourism is Happiness Project, Tourism is Happiness Business. Saya juga titip dalam membuat konten agar bantu mengedukasi bagaimana menjadi turis yang sopan, tidak buang sampah sembarangan, tidak membuang apapun ke aliran sungai, dan semacamnya. Jangan hanya mempromosikan wisatanya saja, tapi latih followers kalian dengan cara berpiknik yang bertanggung jawab," tambahnya.

Tahun ini, peserta yang terpilih merupakan hasil seleksi ketat dari ribuan pendaftar. Nantinya mereka akan mendapat bimbingan teknis tentang kepariwisataan, fotografi, videografi, content creator, story telling, dan lain sebagainya. 

Setelah itu, para peserta akan disebar untuk mengunjungi lebih dari 600 desa wisata. Selain potensi wisata, mereka juga diminta mengeksplorasi budaya serta ekonomi kreatif dari tempat yang dikunjunginya.

Adapun, kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar, mengatakan Smiling West Java Ambassador tahun 2023 berfokus pada program pengembangan content creator yang melibatkan masyarakat khususnya desa wisata. 

"Tujuannya adalah pemberdayaan masyarakat di desa wisata menjadi content creator dalam mempromosikan wisata dan budaya di daerahnya masing-masing," katanya.

Baca Juga: Lawatan ke Amerika Serikat, Gubernur Jabar Akan Bawa RupaBumi Jabar Mendunia

Dengan bertambahnya jumlah peserta, diharapkan dampak positif bisa dirasakan secara lebih luas baik untuk masyarakat umum maupun pelaku industri pariwisata.

Untuk nama-nama peserta yang lolos, bisa dilihat melalui akun instagram Disparbud Jabar, @disparbudjabar atau SWJ Ambassador, @swj.ambassador.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Ayu Almas

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: