Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lewat Pesta Wirausaha, TDA Rayu Investor untuk UMKM Surabaya

Lewat Pesta Wirausaha, TDA Rayu Investor untuk UMKM Surabaya Kredit Foto: Mochamad Ali Topan
Warta Ekonomi, Surabaya -

Komunitas Tangan di Atas (TDA) Surabaya terus melakukan upaya untuk memberdayakan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar bisa naik kelas. Salah satunya, melalui kegiatan rutin yang dilakukan di berbagai kota bertajuk ‘Pesta Wirausaha’. 

Ketua TDA Surabaya Febri Nazuka mengatakan, kegiatan ini mengajak seluruh pelaku UMKM, mulai dari tingkat kelurahan hingga kota untuk turut bergabung dalam kegiatan tersebut. Salah satu program yang menarik adalah program inkubasi UMKM bertajuk ‘Meet The Investor’. 

Baca Juga: UMKM Enggak Usah Pusing Soal Hak Paten Lagi, Mebiso Punya Strategi: Mudah, Tak Lebih dari Lima Menit

“Sejak tanggal 1hingga 4 Mei 2023, kami meminta pelaku UMKM untuk menyusun pitch deck. Nantinya, akan dipresentasikan kepada para investor di tanggal 5 hingga 6 Mei 2023. Harapannya, program ini akan menaikkan kelas UMKM.  Pitch deck yang menarik investor berpeluang mendapatkan pendanaan dari investor,” tegas Febri Nazuka,  dalam perhelatan Pesta Wirausaha 2023 di Balai Pemuda Surabaya kemarin. 

Dikatakan Febri, pesta wirausaha merupakan sebuah perhelatan akbar dari komunitas TDA sebagai momen silaturahmi dan juga networking antar member maupun para pelaku usaha yang ada di Indonesia. 

Tak hanya itu, sambung dia, TDA Surabaya juga menggelar kegiatan Mentoring Bisnis. Diharapkan, para pengusaha muda bisa belajar dan bertanya langsung dengan mentor. Termasuk, menyelesaikan adanya potensi permasalahan yang terjadi. 

“Seluruh pelaku usaha yang berkumpul, juga mendapatkan informasi pengembangan bisnis hingga transfer ilmu dari mentor yang sudah ahli di bidangnya. Dengan adanya mentoring ini, pelaku usaha baru tidak perlu melakukan kesalahan yang sama dialami oleh mentor.

Tak hanya dari pelaku usaha baru dan mentor saja, kegiatan ini juga dihadiri oleh pemerintah. Tujuannya, mendukung keberlangsungan perekonomian daerah, khususnya Surabaya,” beber Febri 

Bahkan Febri menilai, kegiatan tersebut mampu menggerakkan pelaku-pelaku UMKM untuk terus meningkatkan bisnisnya. Sehingga, mampu bersaing di kancah global dan memberikan kontribusi terhadap perekonomian, baik daerah maupun nasional. 

Sementara itu, Business Coach dan Content Creator, Helmy Yahya meminta, para  pelaku usaha untuk memaksimalkan personal branding. Tujuannya, untuk memperkuat pencitraan sebuah brand agar bisa dilirik oleh investor. 

“Ini sangat penting untuk melakukan pemasaran, mencari mitra bisnis hingga mencari investor. Dalam bisnis, investor lebih cinta kepada personality, baik dari sisi brand maupun personal,” terang Helmy Yahya. 

Termasuk, kata dia, juga harus mampu membuat konten yang bagus dan menarik bagi produk, jasa maupun personal. 

“Fungsi media sosial ini bisa untuk share agenda, sosialisasi, klarifikasi dan hiburan juga,” pungkas  dia. 

Perlu diketahui, TDA adalah suatu komunitas yang beranggotakan para wirausahawan muda dan orang-orang yang berminat pada dunia wirausaha. Hingga saat ini Komunitas TDA memiliki 36.000 member terdaftar yang tersebar di 105 kota seluruh Indonesia dan lima negara, di antaranya adalah Malaysia, Singapura, Hongkong, Mesir, dan Australia. 

Baca Juga: Jelaskan Esensi dari Pesta Demokrasi, Kritik Pedas Anies Baswedan Ditujukan untuk Jokowi?!

Salah satu agenda rutin Komunitas TDA adalah mengadakan Pesta Wirausaha, yakni sebuah event akbar kewirausahaan untuk mendorong kemandirian dan pemberdayaan ekonomi. Pesta Wirausaha dihadiri oleh bermacam stakeholder kewirausahaan di Indonesia, di antaranya adalah member TDA maupun non-member TDA, akademisi, korporasi bisnis, komunitas, pemerintah dan media.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Mochamad Ali Topan
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: