Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mantap! UMKM Masyarakat Sekitar Tambang Unjuk Gigi di KTT ASEAN Summit

Mantap! UMKM Masyarakat Sekitar Tambang Unjuk Gigi di KTT ASEAN Summit Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Labuan Bajo -

Indonesia telah dipercaya untuk menjadi Tuan Rumah dari perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Summit yang diselenggarakan pada 9 hingga 11 Mei 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Berdasarkan mandat yang diberikan, Kementerian BUMN menggelar SME's HUB sebagai side event yang memperkenalkan produk-produk unggulan UMKM kepada segenap delegasi KTT ASEAN Summit. Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno: UMKM Perlu Perhatikan Tiga Hal Dasar Berikut Ini!

SME's HUB yang diselenggarakan pada tanggal 9 – 13 Mei 2023 di Kawasan Waterfront Marina, Labuan Bajo, tersebut menampilkan 50 booth yang diisi oleh UMKM binaan Perusahaan BUMN, Kementerian / Lembaga, hingga UMKM Lokal Labuan Bajo. 

“UMKM itu merupakan ujung tombak pondasi ekonomi kita, namun tidak mungkin kita lepas mereka untuk jalan sendiri. Kementerian BUMN Fokus sinergi antar Kementerian dan Pemerintah Daerah untuk Pembiayaan, Pembinaan dan Pasar. Pembiayaan saja tidak cukup tanpa pendampingan, dan ini (SME's HUB) adalah bukti pendampingan kita,” ujar Menteri BUMN RI Erick Thohir saat mengunjungi SME's HUB, Selasa (9/5/2023).

Salah satu bentuk perluasan yang difasilitasi oleh Kementerian BUMN untuk mendukung mitra binaan UMKM Perusahaan BUMN ialah hadirnya e-katalog dan aplikasi Padi BUMN. “Lalu tugas kita selanjutnya adalah menyiapkan marketnya. Salah satu dukungan berupa kesiapan market ini adalah hadirnya padi umkm, selain sebagai market place juga sebagai e-katalog,” tambah Erick.

MIND ID sebagai Holding Industri Tambang di Indonesia bersama seluruh anggotanya PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum, PT Timah Tbk juga turut serta dalam ajang pameran UMKM internasional ini. Grup MIND ID hadir dengan membawa lebih dari 20 produk UMKM binaan sektor makanan dan minuman.

Kepala Divisi Institutional Relations MIND ID, Selly Adriatika mengungkapkan komitmen Grup MIND ID dalam mengupayakan pemberdayaan warga sekitar tambang dan terus mendorong para UMKM untuk bisa naik kelas.

“Keistimewaan UMKM binaan Grup MIND ID adalah dikelola oleh masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah tambang. Grup MIND ID optimis masyarakat tersebut bisa berkarya dan memberikan kontribusi nyatanya, bahkan sebisa mungkin untuk masuk dalam rantai bisnis Perusahaan, sehingga hal ini mendukung terciptanya circular economy,” jelasnya.

Menurutnya, program mendorong UMKM wilayah sekitar tambang ini sejalan dengan program keberlanjutan MIND ID terutama pada pilar society serta mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) terutama pada poin 8 yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, terutama untuk ekonomi lokal agar mandiri, dan tidak sepenuhnya di kemudian hari bergantung pada keberlangsungan operasional pertambangan. Baca Juga: Grup MIND ID Dukung Pemasaran UMK Go International di Side Event KTT ASEAN 2023

“MIND ID berkomitmen tidak hanya memberikan bantuan pendanaan bagi mitra binaan, namun juga memberikan pendampingan dalam pengelolaan dan pengembangan bisnis dari setiap mitra binaan agar punya kesempatan untuk bisa naik kelas, serta mendukung perekonomian lokal,” tutur Selly.

Saat ini Grup MIND ID memiliki lebih dari 12.000 mitra UMKM binaan, di mana sebanyak 301 mitra tercatat naik kelas pada akhir tahun 2022. Grup MIND ID berharap akan semakin banyak mitra binaan yang bisa naik kelas ke depannya.

Baca Juga: Demi Pasok Aliran Listrik di 2.097 Desa, PLN Butuh Suntikan Modal Rp5,86 T

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Bagikan Artikel: