Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Di Luar Dugaan, Kementerian PUPR Sebut Perputaran Uang saat Mudik Lebaran Tembus Rp240 Triliun!

Di Luar Dugaan, Kementerian PUPR Sebut Perputaran Uang saat Mudik Lebaran Tembus Rp240 Triliun! Kredit Foto: Kementerian PUPR
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga, Triono Junoasmono disapa Yongki mengungkapkan perputaran ekonomi tahun 2023 ini jauh di atas perkiraan Kementerian PUPR. Pihaknya mencatat, dari pergerakan tersebut ada putaran uang mencapai Rp 240,1 triliun.

"Perputaran ekonomi libur lebaran 2023 ini yang kami perkirakan Rp 150 triliun, ternyata faktanya adalah 240,1 triliun," kata Yongki dalam konferensi Pers di Media Center PUPR Jakarta, Rabu (10/5/2023).

Baca Juga: Bocoran Rencana Pembangunan Jalan Tol Puncak, Kementerian PUPR: Butuh Biaya Rp25 Triliun

Yongki menilai perputaran uang ini terjadi lantaran masyarakat bukan hanya pergi mudik saja saat pulang ke kampung halamannya. Masyarakat, kata Yongki lebih banyak yang melakukan mudik sekaligus liburan ketimbang yang hanya murni mudik.

“Kalau kita lihat, masyarakat Lebaran kemarin dari orang yang pulang 77 persen memang murni mudik. Tapi 92 persen mudik dan liburan. Misal (mudik) ke Surabaya, dia juga ke Semarang untuk belanja," terangnya.

Baca Juga: Pendeta Beber Bukti Anies Baswedan Bukan Pemimpin Intoleran-Radikal, Refly Harun: Tak Kenal Maka Tak Sayang...

Karena liburan itulah maka konsumsi masyarakat di daerah meningkat. Masyarakat menghabiskan uangnya saat liburan ke daerah. “Sehingga putarannya Rp 240 triliun. Artinya memang Lebaran kali ini dampaknya sangat besar sekali, multiplier effect-nya luar biasa. Tak hanya lancar, tapi dampaknya ke ekonomi nasional sangat besar," tuturnya.

Baca Juga: Kominfo Ajak Masyarakat Waspadai Jeratan Investasi dan Pinjol Ilegal, Begini Ciri-cirinya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: