Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Raih Dua Sertifikasi ISO, Ninja Xpress Optimalkan Kinerja Logistik Berstandar Internasional

Raih Dua Sertifikasi ISO, Ninja Xpress Optimalkan Kinerja Logistik Berstandar Internasional Kredit Foto: Nadia Khadijah Putri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perusahaan logistik berbasis teknologi di Indonesia, Ninja Xpress berhasil meraih dua sertifikasi ISO pada tahun 2023 ini, yakni Sertifikasi ISO 9001:2015 dan 45001:2018.

SVP Business Process Excellence and Standardization Ninja Xpress, Rista Damonty menjelaskan, latar belakang Ninja Xpress ingin memiliki sertifikasi ISO adalah untuk menunjukkan komitmen terhadap manajemen mutu dan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

“Kami sangat berkomitmen fokus pada manajemen mutu dan juga menerapkan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja,” ujar Rista dalam pertemuan dengan media di Ninja Xpress Headquarter di Menara Bidakara 2, Jakarta pada Rabu (17/5/2023). 

Baca Juga: Layanan Ninja Xpress Seller Booster Optimalkan Penjualan UKM selama Ramadan 2023

“Berbicara mengenai ISO sendiri, ada proses yang sudah dijalankan sampai akhirnya Ninja Xpress mendapatkan sertifikasi,” tambah Rista.

Proses tersebut di antaranya adalah pemenuhan standarisasi ISO melalui klausal-klausal yang wajib dipenuhi. Kedua, melakukan internal audit agar lebih baik lagi dan terakhir adalah sertifikasi audit eksternal oleh lembaga auditor independen yang memastikan Ninja Xpress telah memenuhi klausal tersebut. 

Rista menjelaskan, sertifikasi ISO 9001:2015 berfokus pada customer focus, leadership, process improvement, dan relationship management.

Sementara itu, untuk sertifikasi ISO 45001:2018, fokusnya pada pengembangan demi kenyamanan dan produktivitas pekerja dengan sasaran mutu keamanan dan kesehatan lingkungan kerja, serta kalibrasi alat-alat di pergudangan (warehouse). 

“Kami melakukan kalibrasi untuk memberikan data yang akurat pada pelanggan.”

Chief of Strategy Officer Ninja Xpress, Stephen Roy menjelaskan, sebelum mendapatkan sertifikasi ISO, perusahaan logistik yang didirikan sejak 2015 ini sudah memiliki standar dan terus bertumbuh. 

“Sebelum ada ISO ini, kita sudah punya standar, selalu improve. Tapi karena adanya ISO ini, kita harus naikin standar kami. Kami believe (percaya) dengan continuous improvement (pengembangan berlanjut). Kami lebih terpacu lagi, tidak berhenti di satu mutu tertentu. Harus lebih baik lagi, lebih baik lagi.”

Sementara itu, Chief of Marketing Ninja Xpress Andi Djoewarsa menambahkan, “E-commerce sempat naik sekali, tahu-tahu turun, tahu-tahu naik lagi. Support system yang dibutuhkan mereka adalah, salah satunya logistik. Kita tahu bahwa ongkos logistik di Indonesia dibandingkan negara lain cukup mahal, [sekitar] 25% rata-rata. Jadi dengan ongkos 25% itu kami harus pastikan bahwa servis kita baik. Oleh sebab itu sertifikasi ISO itu penting buat kami. Kenapa? Karena itu menunjukkan bahwa kualitas yang kami tawarkan semakin hari semakin baik.”

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Nadia Khadijah Putri
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: