Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bidik Pasar Indonesia, LG Electronics Terapkan Teknologi AI

Bidik Pasar Indonesia, LG Electronics Terapkan Teknologi AI Kredit Foto: LG Electronics
Warta Ekonomi, Bandung -

PT LG Electronics Indonesia akhirnya menerapkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam memperkenalkan koleksi lengkapnya bagi pasar Indonesia untuk tahun 2023. Terapan desain yang mengedepankan harmonisasi dengan ruang dan perluasan adopsi kecerdasan buatan menjadi fokus LG dalam meningkatkan kenyamanan pengguna. 

"Dengan mendengarkan suara konsumen sebagai basis pengembangannya, kehadirannya menjadi solusi pada penciptaan interaksi lebih baik dengan pengguna dan harmoninya bagi peningkatan keseluruhan tata interior rumah," kata Presiden of LG Electronics Indonesia, Lee Tae-Jin, dalam keterangan resminya, Selasa (23/5/2023).

Lee mengungkapkan pembaruan lengkap dari media hiburan hingga pendukung pekerjaan rumah dihadirkan LG melalui ragam koleksinya di tahun ini. Misalnya, untuk kebutuhan pusat hiburan di ruang keluarga, LG membawa varian baru OLED TV sebagai kasta tertinggi koleksi TV.

Baca Juga: Perhelatan Program Lebaran Sehat LG Indonesia Difokuskan di Kesehatan, Apa Saja?

Terhitung genap 10 tahun sejak awal diperkenalkan, varian baru ini mewakili inovasi terkini dengan berbagai penyempurnaan pada kecerahan dan akurasi warna melalui reproduksi warna hitam sempurna dan rasio kontras tak terhingga. 

"Kolaborasi inovasi visual dan audio membawa model terbaru ini memberikan pengalaman sinematik dalam rumah," ujarnya.

Pusat pengembangannya ada pada prosesor berbasis AI terbaru LG, yaitu Prosesor AI a9 Gen6 yang membawa dua bagian teknologi utama, AI Picture Pro bagi visual dan AI Sound Pro khusus untuk peningkatan audio.

"Dukungan AI membuat LG C3 OLED evo mampu menghasilkan kualitas gambar dan suara istimewa," imbuhnya.

Sedangkan, pada sisi visual, fitur OLED Dynamic Tone Mapping Pro membuat TV OLED terbaru LG ini mampu memberikan tampilan gambar dengan mengungkap berbagai detail yang sebelumnya tak berhasil ditampilkan. Pasalnya, fitur tersebut membagi dan menganalisis gambar dalam 20,000 blok dengan mendeteksi area paling gelap dan terang untuk kemudian mengoptimalkannya bagi nuansa  keterlibatan lebih mendalam bagi penontonnya.

Fitur lain di dalamnya, yaitu HDR Expression Enhancer yang bekerja mendeteksi dan menyempurnakan objek penting pada layar, seperti misalnya wajah manusia, dalam setiap adegan. 

Peningkatan ketajaman dan olah pemetaan tiga dimensi berdasarkan deep learning ini, menghasilkan detail lebih dalam yang membangun keterlibatan emosional lebih baik. 

Mengimbangi inovasi besar pada visual, prosesor AI a9 Gen6 dalam LG C3 OLED evo pun dibekali AI Sound Pro untuk memberi peningkatan pada audio. Fitur ini membuat TV OLED terbaru LG mampu menghadirkan nuansa audio berkanal surround 9.1.2 dari speaker yang terintegrasi dan tanpa tambahan perangkat tersambung lainnya. Sementara untuk fleksibilitas lebih dalam pengaturan pemasangan, OLED seri LG evo C3 2023 hadir dengan penyangga Swivel Stand. 

"Keberadaannya memungkinkan pengguna memutar arah hadap layar agar sesuai dengan sudut posisi pandang pengguna," ujarnya.

Selain itu, LG juga membawa serta koleksi terbaru TV LED Mini QNED TV. Diposisikan menjadi puncak baru TV LCD, QNED TV LG ini dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi Quantum Dot NanoCell Color dari LG untuk menghasilkan warna yang kaya dan akurat. TV LED Mini QNED terbaru LG ini dilengkapi teknologi QNED Million Grey Scale Block Dimming. 

Inovasi ini memungkinkannya menghadirkan tingkat kontras tinggi dengan kedalaman reproduksi warna hitam mendekati OLED. Lee menjelaskan dibanding pendahulunya, varian terbaru ini memiliki peningkatan ekspresi kontras hingga 64 kali, hingga mencapai satu juta dengan gradasi dinamis.

Pada sisi desain pun, LG memberikan perhatian lebih dengan keberhasilannya menciptakan bodi lebih ramping. Di samping pula, bakal terlihat lebih seimbang saat disandingkan bersama dengan produk soundbar terbaru LG. 

Melengkapi koleksi besar TV terbarunya di tahun ini, LG juga membawa serta berbagai seri Ultra HD TV (UHD). Selain peningkatan dalam teknologi pemrosesan gambar, inovasi UHD TV LG tahun 2023 ini ada pada tampilan desain lebih ramping hingga 50%.

"Dibanding ketebalan sebelumnya yang mencapai  59mm, UHD TV terbaru 2023 milik LG hanya memiliki dimensi ketebalan 27mm," imbuhnya.

Selain pada top loading, kata Lee, LG juga memperluas kecerdasan pada mesin cuci. Berbeda dengan TV yang memanfaatkan AI lebih pada segmen premium, inovasi LG pada mesin cuci justru dilakukan dengan lebih memperluasnya pada model top loading atau mesin cuci dengan bukaan atas. 

Menurutnya, berbeda sengan sematan AI pada mesin cuci sebelumnya hanya dapat ditemukan pada varian front loading atau mesin cuci bukaan depan, varian top loading menjadi kategori mesin cuci paling banyak digunakan di Indonesia. 

Sematan teknologi AI pada mesin cuci top loading ini, memberinya kemampuan lebih dalam  pemeliharaan performa pakaian. Pasalnya, tak hanya menyandarkan kerja pencucian dengan  pengenalan berat keseluruhan cucian, adopsi teknologi AI pada mesin cuci ini membuatnya mampu  mendeteksi karakter material pakaian termasuk tingkat kelembutannya. 

Mesin cuci top loading dengan AI akan menentukan siklus cuci paling optimal sehingga tak merusak dan mempertahankan performa bahan pakaian lebih lama. 

"Kelengkapan AI pada varian mesin cuci ini membuka peluang lebih besar untuk merasakan dimensi baru pencucian pakaian. Tak cuma pembersihan, namun pula kerja perawatan pakaian dengan dukungan kecerdasan buatan," kata Jung-Soo An, Product Director Home Appliance for LG Electronics Indonesia.

Selain itu, LG PuriCare 360° Hit bagi pembersihan udara rumah lebih cermat dan hemat. Kenyamanan melalui penciptaan kualitas udara lebih-bersih dan segar pun menjadi perhatian LG  dalam koleksi terbarunya di tahun 2023 ini.

Melalui varian baru air purifier LG PuriCare, LG  memperkenalkan LG PuriCare 360° Hit. Selain kecermatan lebih baik dalam pembersihan udara, varian ini ditawarkan dalam tingkat harga yang menjangkau pasar lebih luas. 

Meski hadir dengan label terjangkau, LG PuriCare 360° Hit memiliki kerja pembersihan udara istimewa. Hal ini terkait dengan desain unik menyerupai tabung dengan titik keluaran udara menyaput  keseluruhan sisinya. Pada bagian atas, sebuah kipas disematkan untuk mengalirkan udara hingga ke ventilasi. 

"Desain ini dibuat mampu menciptakan sirkulasi pembersihan udara dengan yang mampu  menjangkau keseluruhan sisi ruang," kata Mike Kim, Product Director Air Solution of LG Electronics  Indonesia. 

Tiga filter khusus yang dirancang bekerja saling mendukung menjadi andalan LG dalam kinerja  pembersihan udara. Pre Filter pada bagian awal memiliki peran memerangkap berbagai partikel  berbahaya yang melayang di udara, HEPA Filter bertindak kemudian dengan mengeliminasi virus dan  bakteri hingga 99,9% dan membersihkan berbagai partikel halus pemicu alergi hingga yang berukuran  0.01µ. Khusus bau tak sedap dan polusi, menjadi tugas Deodorization filter. 

Kerja ketiganya kemudian disempurnakan dengan ionizer. Keberadaannya membuat perangkat air purifier terbaru LG ini mampu melepaskan lebih dari 10 juta ion ke udara untuk menangkap berbagai  bakteri yang melayang bersama udara dalam ruang. 

Mulai diperkenalkan simultan sejak akhir 2022 lalu, LG Objet Collection menjadi seri baru LG bagi  sekumpulan perangkat elektroniknya yang lebih mengedepankan harmonisasi keseluruhan ruang. 

LG Objet Collection memiliki ciri khusus berupa desain artistik dengan pilihan warna khas yang membuatnya mampu menyatu dengan berbagai gaya interior hunian modern.

"LG Objet Collection mewakili semakin berkembangnya tuntutan pada perangkat elektronik yang tak hanya inovatif pada fungsi, namun juga perhatian pada estetika yang dapat menciptakan harmoni dengan keseluruhan tata interior rumah,"ungkap ujar Lee Tae-Jin kembali 

Pada bagian media hiburan, Objet Collection membawa LG OLED Pose. Menyertai seluruh kemampuan OLED Evo sebagai inovasi terbaru LG pada panel OLED yang dibawanya, TV 4K ini juga memperoleh dukungan prosesor pintar LG Alpha 9 Gen 5 beserta dukungan Dolby Atmos. 

Sementara dari kategori mesin cuci, ada WashTower yang tampil unik dengan menyandingkan  perangkat mesin cuci dan pengering pakaian dengan peletakan bertumpuk vertikal. Kelengkapan  panel kendali Center Control™ di antara keduanya, membuat pengguna dapat mengontrol kedua  perangkat secara keseluruhan. 

Sedangkan pada kategori kulkas, selain memiliki InstaView, koleksi ini juga menyediakan varian Larder and Freezer dan Bottom Freezer. Dengan memboyong serta teknologi pendinginan LG, keseluruhannya hadir dengan tawaran utama pada estetika yang lahir dari pilihan warna pop. 

Baca Juga: TV Hotel dan Media Penampil Digital Jadi Fokus Solusi Bisnis LG pada 2023

"Keseluruhan kategori LG Objet Collection ini dilengkapi dengan teknologi pintar ThinQ yang memungkinkan pengguna dapat mengoperasikan perangkat dari jarak jauh melalui smartphone hanya melalui keterhubungan WiFi," ungkapnya.

Lee menegaskan, dengan keseluruhan koleksinya di tahun ini, LG pun optimis akan memperkukuh posisinya sebagai pilihan utama masyarakat Indonesia.

"Dengan pengembangan berbasis kebutuhan dan mengedepankan harmonisasi interaksi dengan pengguna dan keseluruhan tata interior rumah, koleksi LG," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Ayu Almas

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: