Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BPS Buka Data, Beginilah Tipe Masyarakat Indonesia di Medsos

BPS Buka Data, Beginilah Tipe Masyarakat Indonesia di Medsos Kredit Foto: Unsplash/Sara Kurfeß
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam rangka kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan webinar Literasi Digital #MakinCakapDigital 2023 untuk segmen komunitas di wilayah Kalimantan dengan tema "Ayo Menjadi Warga Beretika dan Berbudaya di Era Digital!" pada Kamis (25/5/2023).

Kali ini hadir pembicara-pembicara program kegiatan Literasi Digital #MakinCakapDigital di tahun 2023 yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Dosen dan Digital Enthusiast Adhi Prasnowo; dari Relawan TIK Provinsi Bali Ni Kadek Dwi Febriani; serta Anggota Mafindo Samarinda Muhammad Aswad.

Baca Juga: Di Depan Jokowi, Kepala BPS: Menuju Satu Data, Sensus Pertanian Dimulai 1 Juni

Pandemi Covid-19 telah membawa dampak besar percepatan ke arah digitalisasi karena tuntutan keterbatasan interaksi secara langsung. Hal ini membawa pada peningkatan pengguna internet di Indonesia secara signifikan. We Are Social dan HootSuite pada awal 2023 yang mengungkapkan bahwa pengguna internet di Indonesia terus bertambah pesat dan kini mencapai 212,9 juta atau 77 persen dari total penduduk.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) 2018 juga menyebutkan bahwa dari tiga sub indeks, Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IP-TIK) Indonesia, sub indeks keahlian yang memiliki skor paling rendah menurut data yang dirilis 2019.

“Kalau dilihat masyarakat kita memang sudah familiar dengan perangkat digital dan jenisnya, tetapi belum diiringi penggunaan yang secara maksimal," ungkap Dosen dan Digital Enthusiast, Adhi Prasnowo, narasumber kegiatan literasi digital #makincakapdigital 2023 untuk segmen komunitas di Kalimantan, Kamis (25/5/2023).

Lewat kegiatan Makin Cakap Digital dari Kominfo, masyarakat pun diajak untuk meningkatkan kecakapan digital dan penguasaan pilar literasi digital dari keahlian. Selain itu aspek budaya dalam bermedia digital, etika digital juga perlu diperhatikan seperti diungkapkan narasumber berikutnya, dari Relawan TIK Provinsi Bali, Ni Kadek Dwi Febriani.

Baca Juga: Kerap Sampaikan Kritik Kepada Pemerintahan Presiden Jokowi, Anies Baswedan: Negara Jangan Baperan!

“Bahwa kita harus menyadari kita berinteraksi dengan manusia nyata di jaringan yang lain, bukan sekadar dengan karakter huruf di depan layar monitor namun dengan karakter manusia yang sesungguhnya,” sebutnya.

Baca Juga: Cair-cair! KPU Bali Sudah Bayar Gaji Penyelenggara Pemilu

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: