Sepanjang 2022, Allianz Utama Indonesia Bukukan Premi Bruto Rp665,3 Miliar
Industri asuransi umum mencatatkan kinerja yang positif pada 2022, berkat kondisi ekonomi nasional yang membaik dan tumbuh sebesar 5,31%. Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), pendapatan premi asuransi umum hingga kuartal empat tahun 2022 mencapai Rp90,1 triliun, atau tumbuh 15,3% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp78,1 triliun.
Seiring dengan kinerja tersebut, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) juga mencatatkan hasil yang positif pada tahun 2022. Salah satunya dari Gross Written Premium (GWP) yang tercatat sebesar Rp665,30 miliar atau melampaui angka rencana bisnis, sebesar 36%. Baca Juga: Allianz Life Bayarkan Klaim Rp4,3 Triliun di 2022, Kanker dan Stroke Paling Banyak Diklaim
Lini asuransi liability (tanggung gugat pihak ketiga) merupakan lini bisnis dengan kontribusi GWP tertinggi yaitu sebesar Rp217,47 miliar dan diikuti oleh lini asuransi properti sebesar Rp204,69 miliar. Adapun lini asuransi perjalanan mencatat pertumbuhan tertinggi sebesar 293% dibandingkan tahun sebelumnya, imbas dilonggarkannya PPKM serta digalakkannya vaksinasi booster Covid-19 oleh Pemerintah, sehingga masyarakat dapat kembali melakukan perjalanan tanpa khawatir.
Selain itu, Allianz Utama juga berhasil mencatatkan profit sebesar Rp4,54 miliar pada tahun 2022. Kemudian Allianz Utama senantiasa membuktikan komitmennya untuk memberikan perlindungan kepada nasabah dengan membayarkan klaim sebesar Rp234,15 miliar sepanjang tahun 2022. Allianz Utama juga kuat secara finansial dengan rasio kecukupan modal atau Risk-Based Capital Ratio (RBC) 437%, yang jauh di atas ketentuan minimum yang ditentukan regulator sebesar 120%.
“Tentu saja, hasil yang kami capai sepanjang tahun 2022 ini merupakan upaya bersama dan kerja keras dari seluruh karyawan kami. Sehingga kami mampu terus fokus untuk memberikan yang terbaik bagi nasabah dan mitra bisnis. Dari sisi inovasi bisnis, kami terus menggali potensi untuk mengembangkan segmen pasar dan mempersiapkan produk-produk unggulan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini,” kata Sunadi, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia. di Jakarta, Rabu (31/5/2023).
Lebih lanjut katanya, di Allianz Utama Indonesia, pihaknya terus berkomitmen menyediakan asuransi berkualitas dengan membangun dan mempertahankan kepercayaan nasabah, karena kepercayaan merupakan DNA inti Allianz.
"Melalui penerapan good corporate governance yang baik, pengembangan dan inovasi produk, serta menyediakan layanan digital yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, Allianz Utama senantiasa menjalankan bisnis sejalan dengan tujuan global Allianz ‘We secure your future’ serta memberikan perlindungan asuransi kepada lebih banyak masyarakat Indonesia," tuturnya. Baca Juga: Tips Memilih Asuransi Perjalanan yang Tepat
Perusahaan juga memanfaatkan teknologi untuk memberikan layanan terbaik bagi nasabah, seperti one-click renewal pada motor policy untuk mempermudah proses perpanjangan polis nasabah, implementasi robotik pada proses back-office untuk meningkatkan produktivitas, sampai pada otomatisasi pada proses perpanjangan polis. Semua ini membuat Allianz Utama berhasil mencatat peningkatan jumlah nasabah sebesar 11,7% dan juga jumlah policy issuance sebesar 8% pada tahun 2022.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman
Advertisement