Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Berkat Teknologi ini, Video Mapping Besutan V2 Indonesia Pukau Ratusan Ribu Pengunjung Monas Week

Berkat Teknologi ini, Video Mapping Besutan V2 Indonesia Pukau Ratusan Ribu Pengunjung Monas Week Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

V2 Indonesia, anak perusahaan PT M Cash Integration Tbk (IDX: MCAS), yang berfokus pada solusi audio visual dan keunggulan teknologi masa depan (IoT, AI, VR, XR, AR, Metaverse & Robotics) mendapat kesempatan turut serta dalam perayaan ulang tahun Jakarta dan Hari Kelahiran Pancasila yang diadakan di Monas bersamaan dengan ‘Monas Week’ pada tanggal 1 Juni hingga 4 Juni 2023. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, V2 Indonesia bersama disguise diberikan kepercayaan untuk memberikan atraksi suguhan digital grafik yang memukau melalui teknologi projection mapping di tubuh Monas.

Adapun kegiatan Projection Mapping Monas kali ini dilakukan dengan menggunakan teknologi disguise tepatnya menggunakan prosesor bernama OmniCal. Teknologi ini diterapkan dan digunakan oleh V2 Indonesia selaku official partner disguise di Indonesia yang juga melakukan proses pembuatan digital image, programming, setting, converting dan juga rendering contentBaca Juga: Kenakan Pakaian Adat Melayu, Wapres Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 di Lapangan Monas

"Adalah sebuah kehormatan sekaligus tantangan bagi V2 Indonesia untuk dapat memberikan suguhan video mapping di gelaran Monas Week kali ini. Dengan menggunakan sistem disguise OmniCal untuk proyek pemetaan proyeksi Monas (mapping) -menjadikannya kali pertama sistem ini digunakan di Indonesia," kata Rudi Hidayat, CEO V2 Indonesia dalam keterangannya di Jakarta, Senin (5/6/2023).

Lebih lanjut, katanya, V2 juga menggunakan secara luas perangkat lunak Designer disguise dalam persiapan proyek ini, memungkinkan mereka untuk membuat studi proyektor dan Omnical, memvisualisasikan, merancang, dan menyusun proyek dengan akurasi piksel yang sempurna tanpa perlu berada di lokasi. "Penggunaan sistem-sistem ini memungkinkan V2 melakukan kalibrasi dengan waktu yang sangat singkat," tambahnya.

Meskipun sempat mengalami beberapa tantangan dan kendala seperti kondisi cuaca dan keadaan pencahayaan di area luar Monas serta setelan object 3D yang kurang sesuai, namun V2 Indonesia dan disguise berhasil memberikan aksi video mapping yang memukau sekitar seratus ribu pengunjung yang memadati Kawasan Monas Week 2023.

“Tantangan terbesar kami dalam menampilkan video mapping yang sempurna di struktur Monas adalah adanya beberapa perbedaan dari model 3D yang kami terima – namun dengan menggunakan OmniCal, kami dengan cepat dapat menyesuaikan kalibrasi pemetaan proyeksi tanpa mengorbankan kualitas atau perlu memodel ulang permukaan di perangkat lunak eksternal dan membuat ulang konten," jelas Nicholas Chan, Manajer Regional Asia Tenggara disguise.

Bentuk kerjasama ini membawa V2 Indonesia sebagai perusahaan lokal yang mampu menyediakan beragam kebutuhan teknologi digital video mapping untuk berbagai keperluan baik di indoor maupun outdoor area dengan berbagai tingkat kesulitan. Baca Juga: Mengintip Peluang Bisnis dari Teknologi Kecerdasan Buatan

Kedepannya, V2 Indonesia berencana untuk memberikan suguhan proyek video mapping yang memukai lainnya, seperti pada gelaran Ciputra Art Entrepreneur, Rest 1945, Seminari Alkitab Asia Tenggara dan juga bekerjasama dengan beberapa Universitas seperti Bina Nusantara, dan juga Museum- Museum Kepemerintahan.

Baca Juga: Industri Perkebunan Berpegang Teguh Pada Konsep Bisnis Berkelanjutan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: