Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Harga Timah Melemah, Setoran Pajak dan PNBP TINS Merosot Jadi Rp124,7 Miliar

Harga Timah Melemah, Setoran Pajak dan PNBP TINS Merosot Jadi Rp124,7 Miliar Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Timah Tbk (TINS) berkomitmen untuk memaksimalkan kontribusi dari hasil pertambangannya terhadap penerimaan negara. Kontribusi ini dalam bentuk pajak dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Sekretaris Perusahaan PT Timah Tbk Abdullah Umar mengatakan, pada triwulan I tahun 2023, perseroan telah menyetorkan pajak dan PNBP sebesar Rp124,7 miliar.

Menurunnya setoran pajak dan PNBP tersebut tak terlepas dari penurunan harga komoditas timah. Berdasarkan catatan perusahaan, harga rata-rata timah triwulan I tahun 2023 mencapai US$26.573 per metrik ton.

Baca Juga: TBS Energi Utama Akan Bagi-bagi Dividen Rp102,69 Miliar ke Pemegang Saham

Hal ini juga menyebabkan kontribusi PT Timah Tbk kepada negara menurun dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022 mencapai Rp267,8 miliar.

Faktor lainnya yang menyebabkan menurunnya kontribusi pajak dan PNBP PT Timah Tbk karena menurunnya penjualan PT Timah Tbk akibat melemahnya permintaan timah global. 

Meski begitu, manajemen perseroan berupaya untuk meningkatkan kinerja, sehingga bisa memberikan kontribusi kepada negara, pemegang saham, dan masyarakat. 

"Melemahnya harga komoditas yang dipengaruhi oleh kondisi ekonomi global berdampak langsung pada kinerja perusahaan. Namun, perusahaan telah memiliki strategi menghadapi hal ini dengan harapan dapat terus meningkatkan kontribusi pajak dan PNBP kepada negara," ujar Abdullah dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (9/6/2023).

Baca Juga: Kominfo Ajak Masyarakat Waspadai Jeratan Investasi dan Pinjol Ilegal, Begini Ciri-cirinya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: