Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Inovasi di Era Digital Menjadi Kekuatan RANC untuk Kembali Bertumbuh

Inovasi di Era Digital Menjadi Kekuatan RANC untuk Kembali Bertumbuh Kredit Foto: WE
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tahun 2022 menjadi tahun yang penuh tantangan dinamika industri retail yang cukup menantang bagi PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) maupun secara global. Menghadapi hal tersebut, Perusahaan berupaya untuk menyusun strategi dan kebijakan yang bisa menciptakan peluang pertumbuhan diantaranya dengan menambah diferensiasi produk berkualitas serta melakukan pengembangan fresh products hingga menerapkan efisiensi terhadap toko-toko yang dianggap tidak produktif untuk menekan operational cost milik RANC.

“Strategi dan kebijakan strategi tahun 2022 difokuskan kepada upaya Perseroan dalam mengantisipasi setiap tantangan yang ada agar kemudian menjadi peluang pertumbuhan. Perusahaan akan senantiasa melakukan perbaikan agar kinerja Perusahaan baik operasional maupun keuangan menjadi lebih kuat dan mendorong pengembangan usaha kedepannya,” ujar Johartono Susilo, Direktur Utama PT Supra Boga Lestari Tbk.

Catatan pendapatan bersih konsolidasian RANC tahun 2022 naik sebesar Rp 2,9 triliun. Angka ini meningkat 0,4% dibandingkan tahun lalu yang mendapatkan pendapatan bersih konsolidasian Rp 2,89 triliun. Meskipun penjualan bersih mengalami peningkatan, namun RANC mencatatkan rugi bersih sebesar Rp 83,67 miliar di tahun 2022 yang disebabkan oleh meningkatnya biaya yang terjadi sepanjang tahun 2022.

Pada tahun 2022, RANC dan entitas anak melakukan realisasi investasi barang modal yang berupa penambahan aset tetap dan aset tidak lancar lainnya sejumlah Rp 54,7 miliar untuk keperluan operasional Perusahaan.

Di tengah tantangan tersebut, RANC terus berinovasi memperbaiki pelayanan untuk terus mengembangkan bisnis dan menyesuaikan di era digital dan menjangkau pelanggan yang lebih luas. Untuk mewujudkan hal tersebut, RANC menjalin kerjasama strategis dengan Blibli.com dan kemitraan dengan penyedia layanan berbasis online.

Pada tahun 2022, RANC berhasil melakukan inovasi yang signifikan dengan meluncurkan gerai Pasarina untuk pertama kalinya. Gerai ini merupakan inovasi besar dari RANC yang menggabungkan konsep pasar tradisional yang dibalut dengan teknologi era modern, AI (Artificial Intelligence) 3 Dimensi, di mall legendaris Indonesia, Sarinah Mall.

Di sisi operasional, hingga 31 Desember 2022, RANC telah mengoperasikan 70 toko di Jabodetabek, Surabaya, Malang, Gresik, Semarang, Dumai, Pekanbaru, Palembang, Balikpapan, Samarinda dan Ambon, yang terdiri dari 19 Ranch Market, 35 Farmers Market, 2 The Gourmet by Ranch Market, 3 Day2Day by Farmers Market, 10 Farmers Family by Farmers Market, dan 1 Pasarina.

Inovasi-inovasi dalam pengembangan RANC akan terus dilakukan untuk upaya mengantisipasi setiap tantangan yang datang. Ini akan selalu menjadi peluang yang baik bagi RANC untuk terus bertumbuh dengan mempertahankan strategi pengembangan usaha yang didukung oleh kemampuan teknologi digital seoptimal mungkin sehingga mempercepat dan memperkuat solusi omni channel yang diharapkan dapat tercapainya pertumbuhan kinerja yang terus berkesinambungan.

“Berbagai indikator menunjukkan prospek cerah yang akan menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia di tengah perlambatan kinerja ekonomi global. Oleh sebab itu, kami yakin bahwa industri ritel merupakan salah satu sektor yang sangat menjanjikan untuk terus berkembang di tahun-tahun mendatang, terlebih lagi dengan mulai menguatnya kembali daya beli masyarakat,” tutup Johartono.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Annisa Nurfitri

Advertisement

Bagikan Artikel: