Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bangun Pabrik Motor Listrik Pertama di RI, Electrum Pastikan TKDN Produknya Capai 40 Persen

Bangun Pabrik Motor Listrik Pertama di RI, Electrum Pastikan TKDN Produknya Capai 40 Persen Kredit Foto: Djati Waluyo
Warta Ekonomi, Cikarang -

Perusahaan patungan antara GoTo dan PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA), Electrum memastikan, pembangunan pabrik motor listriknya akan membuat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) meningkat hingga 40 persen. 

Pasalnya, kendaraan listrik milik Electrum yang saat ini sudah beredar di masyarakat memiliki TKDN di bawah 40 persen atau masih belum mencapai syarat yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. 

"Saat ini belum, tapi saat pabrik jadi kita harapkan bisa sampe 40 persen," ujar Direktur Utama Electrum, Pandu Sjahrir saat ditemui di Groundbreaking Pabrik Electrum, Jumat (23/6/2023).

Baca Juga: Electrum Gandeng Empat Perusahaan Ciptakan Ekosistem Kendaraan Listrik

Pandu mengatakan, pembangunan pabrik kendaraan listrik roda dua milik Electrum tersebut membutuhkan dana yang tidak sedikit. Setidaknya akan membutuhkan US$1 miliar dalam waktu lima tahun ke depan. 

"Semua (investasi) Electrum kurang lebih 1 miliar dolar dalam 4-5 tahun ke depan," ujarnya.

Sementara itu, Direktur TOBA Juli Oktarina mengatakan, TOBA begitu berkomitmen dalam mendukung pembangunan pabrik motor listrik dan bisnis terbarukan ke depannya. 

"Kami akan alokasikan belanja modal kami mayoritas untuk bisnis renewable dam EV (Electric Vehicle) ini, contohnya di 2023 ini saja mungkin sekitar 80 persen akan kami alokasikan untuk pengembangan bisnis renewable dan EV. Semua (investasi) Electrum kurang lebih 1 milliar dolarlah 4-5 tahun ke depan," ujarnya.

Baca Juga: Kominfo Ajak Masyarakat Waspadai Jeratan Investasi dan Pinjol Ilegal, Begini Ciri-cirinya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Djati Waluyo
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: