Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tak Gentar Disandung Rumor Panas, Anies Ungkap Pergerakan Ekonomi Jakarta Capai Rp2,4 T Berkat Formula E

Tak Gentar Disandung Rumor Panas, Anies Ungkap Pergerakan Ekonomi Jakarta Capai Rp2,4 T Berkat Formula E Ilustrasi: Wafiyyah Amalyris K
Warta Ekonomi, Jakarta -

Rumor bakal calon presiden koalisi perubahan, Anies Baswedan akan menjadi tersangka korupsi Formula E tampaknya membuat Anies tak gentar. Baru-baru ini di kanal YouTube pribadinya, Anies Baswedan membagikan ulang acara Kick Andy.

Anies sendiri telah lama dicecar anggaran Formula E yang disebut mencapai Rp2,3 triliun namun diklaim tidak ada manfaatnya. Hal itu pun disanggah Anies bahwa acara internasional memang memakan biaya besar karena wajah Indonesia tengah disorot tataran global.

Baca Juga: Tegas! Anies Baswedan Tegaskan Tidak Korupsi Formula E: Yang Menuduh Harus Bawa Buktinya

Anies pun menantang biaya yang dikeluarkan Formula E dengan ajang balapan-balapan lain. namun, manfaatnya jelas ada yaitu direct revenue dan manfaat ekonomi yakni menggerakkan perekonomian.

Formula E sendiri sudah terselenggara dua kali yaitu pada tahun 2022 dan 2023. Anies menjabarkan bahwa pemasukan sponsor baik, tingkat penonton tinggi, sehingga secara direct revenue itu menutupi biaya-biaya lainnya.

Dan secara perekonomian, Anies menjabarkan bahwa tahun lalu, pergerakan ekonomi Jakarta mencapai Rp2,4 triliun berkat ajang Formula E.

"Itu menggerakkan perekonomian di Jakarta," pungkas Anies. "Dan yang meraih manfaatnya bukan hanya level tengah atas, tetapi sampai ke bawah merasakan. Jadi pergerakan ekonomi ini luar biasa."

Anies menambahkan bahwa hal tersebut melampaui ekspektasi yang ia perkirakan. Karena berdasarkan visibility studies, dari pengeluaran Rp450 miliar akan mencapai manfaat Rp1,2 triliun. 

"Ternyata yang terjadi justru di atas dua kali lipat dari itu. Ini adalah satu manfaat ekonomi yang luar biasa dan reputasi penyelenggaraannya berjalan dengan amat baik."

Baca Juga: Lapas Kerobokan Gelar Upacara HUT ke-52 Korpri, Singgung Digitalisasi Birokrasi

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: