Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

MenKopUKM: Tren Custom Fashion Jadi Peluang UMK Kuasai Pasar Lokal

MenKopUKM: Tren Custom Fashion Jadi Peluang UMK Kuasai Pasar Lokal Kredit Foto: KemenKopUKM
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenKopUKM) Teten Masduki menegaskan, seiring dengan perkembangan gaya hidup, khususnya fashion saat ini yang tidak lagi berkiblat pada produksi massal atau skala pabrik melainkan mengarah pada custom fashion yang sesuai pesanan konsumen, menjadi peluang bagi pelaku UMK untuk menguasai pasar lokal yang potensinya masih terbuka lebar.

"Brand lokal yang sebagian besar pelakunya adalah usaha mikro kecil dengan produk custom-nya yang unik, menjadi tren baru permintaan fashion saat ini. Terlebih tren media sosial juga mengarah ke hal-hal unik, kecil tapi menarik. Ini yang harus kita manfaatkan untuk menguasai pasar dalam negeri dengan brand lokal," kata MenKopUKM Teten dalam keterangannya, Jumat (7/7/2023).

Baca Juga: Pulihkan Perekonomian Korban Pelanggaran HAM Berat di Pidie, MenKopUKM Gali Potensi Daerah

Dengan membidik pasar menengah ke atas, Teten optimistis brand lokal yang memproduksi custom dan fashion unik, akan mendapatkan nilai tambah, karena harga produk custom umumnya lebih tinggi dibandingkan barang produksi massal.

"Pasar yang dibidik juga bisa pasar upper di mana mereka sangat butuh akan ciri khas atau keunikan dari fashion yang dikenakan," ucapnya.

Meski menekankan pada produk fashion custom dan unik untuk bisa menguasai pasar dalam negeri, Teten juga mengingatkan agar industri fashion tetap bisa memproduksi fashion secara massal yang ditujukan untuk pasar menengah ke bawah. Ini diperlukan agar Indonesia tidak perlu lagi mengimpor pakaian bekas yang jelas-jelas akan mematikan industri fashion dalam negeri. 

Agregator Fashion 

Terkait JakCloth Summerfest Reload, MenKopUKM mengakui ia sendiri sudah lama menantikan event ini digelar.

"Ini sebuah event yang sangat berarti bagi industri fashion dan kreatif di Indonesia. Wadah bagi inovasi, inspirasi, dan kolaborasi yang luar biasa," kata Teten.

Menurut Teten, sejak berdirinya pada 2007, JakCloth telah menjadi event lokal clothing terbesar di Indonesia. Bahkan, JakCloth bukan lagi jadi sekadar event, melainkan platform, dan aggregator produk fashion lokal terbaik.

Menteri Teten menjelaskan, JakCloth juga telah bekerja sama dengan KemenKopUKM untuk pembiayaan KUR dalam pembelian bahan baku kolektif, produksi bersama, gudang bersama, sampai dengan pembelian booth di event JakCloth agar UMKM semakin bisa mengakses pasar.

"Ini merupakan bentuk nyata bagaimana pemerintah juga merespons kebutuhan UMKM di Indonesia," katanya.

Tidak hanya itu, JakCloth juga mendukung wirausaha di setiap daerah melalui tur ke kota-kota besar di Indonesia. Hal ini terbukti dengan kerja sama JakCloth dalam acara Lebaran Tour, di mana JakCloth bekerja sama dengan ribuan UMKM Clothing untuk mengunjungi 13 kota besar di Indonesia termasuk Banjarmasin, Malang, Bekasi, Samarinda, Lampung, Surabaya, dan kota-kota lainnya. Kota-kota itu sekaligus menjadi saksi perkembangan pesat industri fashion di Indonesia.

Teten mengatakan, dalam setiap acara JakCloth, lebih dari 300 brand UMKM lokal terlibat. Dan peran aggregator tampak semakin menjadi kunci yang mengonsolidasikan UMKM Indonesia naik kelas.

Lebih lanjut, Menteri Teten memaparkan industri fashion memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia. Tercatat 18 persen PDB Indonesia berasal dari sektor ini dan sektor fashion juga menyumbang 66 persen dari total nilai ekspor produk ekonomi kreatif Indonesia. 

"Angka-angka ini membuktikan potensi besar yang dimiliki oleh industri fashion di Indonesia, dan JakCloth hadir sebagai wujud nyata dari keberhasilan ini," katanya.

Tidak heran, perputaran ekonomi yang terjadi di setiap acara JakCloth dapat mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah. 

Baca Juga: Belanja Clothing Diskon Sampai 90 Persen dan Nonton Konser Harga Murah di JakCloth Reload Summerfest 2023

Sebagai contoh, Lebaran Tour JakCloth sukses mencapai penjualan sebesar Rp200 miliar. Dengan lebih dari 1 juta pengunjung di setiap kota, acara ini memberikan kontribusi yang luar biasa bagi UMKM yang terlibat dan mendorong pertumbuhan ekonomi di tingkat yang lebih luas.

"Kepada seluruh brand UMKM yang berpartisipasi di JakCloth Summerfest Reload, selamat berkolaborasi dan unjuk gigi. Kepada seluruh masyarakat Indonesia selamat berbelanja produk fashion lokal terbaik di JakCloth Summerfest Reload," ucap Menteri Teten.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: