Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pentingnya Pemanfaatan Medsos sebagai Promosi UMKM

Pentingnya Pemanfaatan Medsos sebagai Promosi UMKM Kredit Foto: Rena Laila Wuri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Komisi I DPR Meutya Viada Hafid mengatakan saat ini masih banyak pelaku UMKM yang belum memanfaatkan digital sebagai sarana untuk meningkatkan usahanya.

Padahal, media sosial merupakan wadah di mana terjadinya interaksi dan pertukaran informasi antar para pengguna di dunia digital. Ini merupakan hal yang penting bagi para pelaku UMKM untuk melakukan transformasi digital, karena media sosial merupakan peluang bagi pelaku-pelaku UMKM dalam menjangkau pasar yang lebih luas, tidak hanya domestik tetapi juga internasional.

"Untuk percepatan digitalisasi UMKM, pemerintah berusaha mengembangkan masyarakat agar paham akan digital, disamping itu juga berusaha untuk memperluas jaringan internet di berbagai daerah yang masih belum memadai, dibantu, dan di berikan pelatihan-pelatihan, agar usaha mereka tidak tertinggal dan dapat beradaptasi," kata Meutya dalam keterangannya, Minggu (16/07/2023).

Meutya menambahkan penggunaan digital sangat berpengaruh dan memberikan dampak pada peningkatan UMKM, dibuktikan oleh banyaknya pelaku UMKM yang sukses memanfaatkan digital dalam meningkatkan usahanya.

Sementara itu, Founder Kaum Design, Dr. Geofakta mengatakan transformasi UMKM menuju digital saat ini sangat mudah dijalankan dan

"UMKM merupakan sebuah proses bisnis yang harus belajar secara pelan-pelan dalam teknologi yang semakin berkembang dan semakin menguasai zaman saat ini. Hanya dengan memanfaatkan media sosial yang saat ini sangat mudah digunakan, pelaku UMKM dapat menemukan peluang-peluang baru bagi bisnisnya," jelasnya.

Hal serupa juga dibenarkan oleh Aulia Arfan Fasilitator selaku Pendamping UMKM ABDSI Sumatera Utara, ia mengatakan bahwa dengan memanfaatkan media sosial dengan tepat dan kreatif, kita bisa memperluas jangkauan promosi dan meningkatkan penjualan bagi setiap produk UMKM kita.

"Konten menarik merupakan hal yang penting dalam melakukan promosi di media sosial, kemaslah konten dengan baik yang menawarkan kebutuhan para konsumen, sehingga konsumen tertarik," terangnya.

"Namun, pastikan untuk menjaga kualitas produk dan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan agar bisa membangun loyalitas dan kepercayaan konsumen," tutupnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: