Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perhiasan Emas Karya Anak Negeri, UBS Gold Tembus Pasar Dunia

Perhiasan Emas Karya Anak Negeri,  UBS Gold Tembus Pasar Dunia Kredit Foto: UBS Gold
Warta Ekonomi, Jakarta -

Siapa yang menyangka, perhiasan  emas yang dikenakan sejumlah selebritis dunia ternyata diproduksi di Kenjeran, Tambaksari, Surabaya, Jawa Timur. 

Ya, UBS Gold berhasil membawa harum industri perhiasan lokal di kancah internasional karena dikenakan penyanyi kondang Mariah Carey ,  Carrie Underwood, sosialita Paris Hilton dan Bella Poarch, seleb Tiktok yang memiliki 92,7 juta pengikut.

Carrie Underwood diketahui memakai perhiasan produksi UBS Gold saat tampil di panggung Academy of Country Music Awards 2020.  Pemenang American Idol 2005 ini juga mengenakan  asesoris emas  yang terlihat glamor dari UBS Gold saat merilis album bertajuk “My Gift”, saat  perayaan Natal  dengan diiringi orkestra dan paduan suara. Penampilannya makin memukau dengan anting berwarna yellow gold dan white gold dengan motif bunga.

Diva dunia Mariah Carey juga terlihat menggunakan anting emas dari UBS Gold saat menghadiri acara Good Morning America yang ditayangkan jaringan televisi ABC di Amerika Serikat. Sosok Mariah Carey yang anggun semakin elegan dengan perhiasan emas yang diproduksi UBS Gold.

“Keberhasilan UBS Gold menembus pasar selebritis di Amerika Serikat adalah bagian dari komitmen dan kerja keras dalam menjalankan strategi bisnis yang serius. Hal ini memotivasi kami untuk terus berinovasi dan memaksimalkan customer experience lewat penggunaan produk perhiasan emas,” kata Aucy  Chandra, juru bicara UBS Gold, kepada media baru-baru ini 

Diakui Aucy, tidak mudah bagi UBS Gold untuk menembus pasar Amerika Serikat. Pada saat pandemic Covid 19 di awal tahun 2021, terjadi peningkatan minat warga Amerika Serikat terhadap perhiasan emas. Peluang baik ini dimanfaatkan UBS dengan melakukan berbagai inovasi produk perhiasan emas yang didominasi model rantai atau gold chain untuk kalung dan gelang.

“Untuk model rantai, orang-orang Amerika menyukai yang ukuran besar dan terlihat glamor atau blink blink ya. Produk kita memang sudah diterima oleh para selebritis Amerika, termasuk para rapper yang mayoritas adalah pria. Intinya kita menyesuaikan dengan selera pasar,” jelas Aucy.

Perjuangan Menembus Pasar Internasional

Keberhasilan UBS Gold dalam menembus pasar internasional sudah dimulai sejak didirikan pada tahun 1991

“Pendiri UBS awalnya bekerja sebagai penjaga toko emas yang kemudian belajar memproduksi perhiasan emas sendiri,” ungkap Aucy. 

Awalnya beliau membuat produksi perhiasan emas di Bangil sebelum memboyong beberapa pengrajin ke Surabaya, Jawa Timur.  Saat ini, UBS berkembang pesat dan mempekerjakan lebih dari 3.700 karyawan.

Aucy mengungkapkan bahwa pendiri UBS adalah pelopor penggunaan teknik casting atau cor-cor-an dalam pembuatan perhiasan emas di Indonesia. 

“Teknik casting  ini dipelajari  beliau di Taiwan. Jadi casting itu teknik cetak menggunakan lilin. Hasilnya adalah perhiasan emas seperti cincin yang tidak ada patriannya (sambungan). (Teknik) ini yang pertama di Indonesia,” paparnya. 

UBS Gold kemudian merambah penjualan perhiasan emas yang diproduksi ke luar negeri. Tentu saja banyak tantangan yang harus dilalui, seperti keluhan terkait warna emas yang dianggap kurang bagus atau kurang berkilau serta kualitas perhiasan yang masih dianggap kurang.  

Ada cerita menarik saat proses negosiasi ekspor ke Luar Negeri yang dirasa UBS Gold cukup sulit. Aucy mengungkapkan keheranannya ketika UBS Gold sudah membuat produk sesuai dengan pesandan dan arahan buyer tetapi masih tetap dipandang sebelah mata. 

“Setelah kita tanya, mereka menjelaskan bahwa perhiasan produk Italia masih dianggap terbaik. Sulitnya, Indonesia selalu dipandang rendah dibandingkan dengan negara maju. Inilah  perjuangan kita melakukan banyak inovasi dan perbaikan sehingga sekarang kita sudah diakui dan disejajarkan dengan Italia. Sekarang jarang sekali kami dikomplain secara kualitas. Beberapa produk kita malah memiliki kualitas lebih baik.” katanya.

Setelah melalui berbagai perbaikan dan peningkatan mutu, produk perhiasan UBS saat ini diterima di 35 negara di dunia

Kerjasama dengan Brand Kondang

Untuk memasarkan produk, UBS Gold  berkolaborasi dengan sejumlah artis dan desainer di berbagai acara seperti Jakarta Fashion Week (JFW), Tokyo Fashion Week, serta beberapa acara dii Amerika Serikat. UBS Gold juga bekerjasama dengan brand terkenal seperti Disney dan Sanrio. 

“Konsumen dalam dan luar negeri dapat menerima produk-produk kami karena keberagaman desain, kualitas dan kadar emas UBS selalu tepat. Trust  adalah kata yang menjadi komitmen kami dalam menjalankan usaha,” pungkasnya 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: