Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dapat Dana Bergulir, KSP CU Hatirongga Nahobas Maksimalkan Kualitas Layanan kepada Anggota

Dapat Dana Bergulir, KSP CU Hatirongga Nahobas Maksimalkan Kualitas Layanan kepada Anggota Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Koperasi Simpan Pinjam Credit Union (KSP CU) Hatirongga Nahobas yang berlokasi di Kota Pematang Siantar, Provinsi Sumatera Utara yang berdiri sejak tahun 2004 menjadi salah satu koperasi yang dibina oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara, khususnya dalam hal pengelolaan koperasi dan sertifikasi di tingkat manajemen dan pengurus.

Melalui keterlibatan dan komunikasi aktif dengan Dinas Koperasi dan UKM setempat, KSP CU Hatirongga Nahobas mendapat banyak masukan dan informasi, di antaranya mengenai perkuatan permodalan dengan tarif rendah dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM).

Baca Juga: Koperasi Karya Perdana Sulteng Wujudkan Koperasi Berkualitas Melalui LPDB-KUMKM

Seiring berjalannya usia dan meningkatnya permintaan pinjaman dari anggota, KSP CU Hatirongga Nahobas membutuhkan dukungan dana. Melalui lembaga keuangan di bawah Kementerian Koperasi dan UKM, KSP CU Hatirongga Nahobas mempercayakan LPDB-KUMKM sebagai lembaga yang mendukung koperasi dalam pemenuhan ketersediaan modal usaha.

Di bulan Juni 2022, KSP CU Hatirongga Nahobas dinyatakan memenuhi persyaratan permohonan dan mendapat pinjaman sebesar Rp1,78 miliar. Pinjaman tersebut digunakan koperasi untuk peningkatan produktivitas usaha melalui program-program yang dibutuhkan anggota, seperti Tabungan Untuk Pendidikan Anak (TUPPAK), Simpanan Partolu Bulanan/Berjangka (SITULAN), dan Simpanan Reguler. Penyaluran pinjaman kepada anggota dilakukan dengan tetap mengutamakan kesejahteraan anggota, serta mengedepankan aturan yang sah dan mengikat di koperasi.

Ketua KSP CU Hatirongga Nahobas, Aliumri Purba, mengatakan bahwa manajemen dan pengurus koperasi terus mendukung usaha anggota dengan melakukan berbagai pembinaan secara lintas sektoral. Koperasi juga tetap berkoordinasi dan komunikasi dengan LPDB-KUMKM karena menganggap pelayanan LPDB-KUMKM lebih transparan, akuntabel, menawarkan bunga rendah, dan tenor pinjaman yang relatif panjang.

"LPDB-KUMKM merupakan lembaga keuangan yang direkomendasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM dan Kementerian Keuangan sehingga kami memercayai LPDB-KUMKM sebagai lembaga pembiayaan yang paling tepat bagi koperasi-koperasi di Indonesia, khususnya koperasi yang usahanya ingin maju dan berkembang," tutur Aliumri, dikutip dari siaran pers yang diterima, Senin (17/7/2023).

Peningkatan Kualitas Layanan

Aliumri mengatakan, saat ini koperasi memiliki total anggota sebanyak 7.000 orang dengan jumlah karyawan sebanyak 27 orang dari 1 kantor pusat dan 3 kantor cabang. KSP CU Hatirongga Nahobas berkomitmen meningkatkan kualitas layanan kepada anggota melalui kemajuan teknologi. Saat ini, koperasi menggunakan aplikasi Be Union III yang dapat memantau jumlah tabungan dan pinjaman anggota secara update.

Selain itu, lanjut Ali, koperasi juga sedang membangun aplikasi mobile untuk anggota yang harapannya dapat memudahkan anggota dalam mengecek saldo tabungan dan riwayat pinjaman, serta fitur-fitur tambahan yang tujuannya dapat mempersingkat proses transaksi anggota kepada koperasi, dan sebaliknya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: