Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Naik 4 Kali Lipat, AstraPay Bukukan Total Transaksi Rp51,8 Triliun di Semester I 2023

Naik 4 Kali Lipat, AstraPay Bukukan Total Transaksi Rp51,8 Triliun di Semester I 2023 Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

AstraPay yang merupakan platform e-money dan digital payment bagian dari Grup Astra, membukukan pertumbuhan kinerja positif sejak beroperasi di Februari 2020 hingga pertengahan tahun 2023.

AstraPay berhasil mencatatkan pertumbuhan nilai gross transaction value (GTV) atau total nilai transaksi sampai dengan Juni 2023 sebesar Rp51,8 triliun, naik 4 kali lipat dibanding pencapaian di Juni 2022.

Selain itu, pertumbuhan juga dapat dilihat dari jumlah pengguna yang telah terdaftar di aplikasi AstraPay, yaitu telah mencapai lebih dari 10 juta pengguna pada Juni 2023, bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022 pertumbuhan ini meningkat 2 kali lipat. Baca Juga: Dukung Sektor Pariwisata, AstraPay Gaungkan Transaksi Digital di Sanur Village Festival 2023

Chief Executive Officer (CEO) AstraPay, Rina Apriana, menjelaskan pertumbuhan kinerja ini didukung dengan perubahan perilaku konsumen dalam bertransaksi. Inklusi pembayaran digital yang meningkat di masyarakat Indonesia mendorong pertumbuhan nilai GTV AstraPay yang meningkat secara signifikan.

“Hal ini juga menjadi motivasi perusahaan untuk kembali berpartisipasi sebagai sponsor utama di Sanur Village Festival 2023, sehingga diharapkan dapat meningkatkan literasi keuangan masyarakat Bali dengan memberikan pengalaman bertransaksi digital yang mudah, nyaman dan tentunya memberikan banyak keuntungan sepanjang acara. Acara besar seperti ini merupakan salah satu media promosi yang sangat bermanfaat bagi AstraPay untuk mengedukasi masyarakat mengenai kenyamanan bertransaksi secara digital," ujarnya melalui keterangan resminya di Jakarta, Selasa (18/7/2023).

Selanjutnya, kata Rina, event ini juga bermanfaat bagi para UMKM yang berpartisipasi di acara ini. “Harapannya, para UMKM dapat memanfaatkan pembayaran secara digital ini, sehingga dapat bertransaksi tanpa memikirkan masalah uang kembalian ataupun uang hilang, serta seluruh transaksi dapat tercatat dengan rapih dan lengkap. Uang hasil penjualan akan masuk langsung ke rekening penjual," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, pada tanggal 17 Juli 2023 kemarin, AstraPay bersama dengan penyelenggara telah mengadakan press conference di Yayasan Pembangunan Sanur sekaligus menyatakan komitmennya untuk terus mendukung pembayaran digital di seluruh masyarakat Bali dengan memberikan promosi yang menarik, mulai dari pembelian atau pembayaran harian seperti listrik, pulsa, atau paket data hingga penawaran khusus di angsuran, servis untuk motor dan mobil di seluruh Grup Astra.

Chief Marketing Officer (CMO) AstraPay, Reny Futsy Yama, menuturkan jumlah target transaksi menggunakan AstraPay pada acara kali ini yaitu 50.000 transaksi yang akan dating dari pembelian makanan, minuman dan tiket masuk. Baca Juga: Gandeng Trans Jateng, AstraPay Galakkan Pembayaran Nontunai untuk Transportasi Umum

Dari event ini, AstraPay juga turut mengedukasi para UMKM untuk menggiatkan transaksi digital agar para pengusaha dapat mempunyai catatan transaksi keuangan yang valid sehingga dapat digunakan sebagai dokumen pendukung yang akan mempermudah pembisnis mendapatkan permodalan dari institusi keuangan.

“Kemudahan transaksi menjadi satu hal penting dalam sebuah event. AstraPay sebagai sponsor utama memberikan berbagai promo mulai dari pembelian tiket offline dengan potongan Rp 5 ribu,” kata Reny.

Baca Juga: Konsisten dalam Pengembangan Energi Baru Terbarukan, Pertamina Group Ini Gaet Penghargaan IGA 2024

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: