Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemensos dan Komisi VIII DPR Salurkan Bantuan Hingga Rp189 Juta ke 150 PPKS di Kabupaten Bandung Barat

Kemensos dan Komisi VIII DPR Salurkan Bantuan Hingga Rp189 Juta ke 150 PPKS di Kabupaten Bandung Barat Kredit Foto: Kemensos
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Sosial (Kemensos) bersama Komisi VIII DPR RI menyalurkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) sebagai jaminan perlindungan dan pemenuhan hak Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat, Rabu (19/7/2023).

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Ketua Komisi VIII Tb. Ace Hasan Syadzily. Ia mengungkapkan bantuan ATENSI bertujuan agar masyarakat Indonesia bisa sejahtera.

Baca Juga: Jenguk Bocah Penderita Jantung di Makassar, Mensos Serahkan Bantuan Total Hingga Rp99 Juta

Ace menyebut program Kemensos dinilai efektif menangani kemiskinan, terutama mengingat angka kemiskinan di Kabupaten Bandung Barat berada pada angka 11,3%.

"Ini semua dipikirkan oleh negara, heunteu cicing nagara teh (negara tidak diam saja). Di Kementerian Sosial itu dipikirkan bagaimana caranya negara memerhatikan kelompok masyarakat yang memiliki keterbatasan," kata Ace dalam keterangannya, Rabu (19/7/2023).

Mewakili Komisi VIII DPR RI, Ace dan Kemensos menyalurkan bantuan ATENSI berupa pemenuhan kebutuhan dasar, nutrisi, dukungan kewirausahaan, dan alat bantu disabilitas diantaranya alat bantu dengar, kursi roda, kruk, dan tongkat kaki empat.

Bantuan diserahkan secara langsung kepada 150 PPKS yang terdiri dari Kelompok Rentan, Penyandang Disabilitas, Lansia, dan Anak yang berdomisili di Kabupaten Bandung Barat, dengan total Rp189.076.700.

Kepada penerima bantuan, Ace menekankan, walaupun negara menghadapi berbagai keterbatasan, namun DPR bersama Kemensos terus berjuang.

"Kemensos dan Komisi VIII terus berjuang bagaimana caranya masyarakat yang berpenghasilan rendah bisa terus meningkat penghasilannya dibantu dengan program-program pemerintah," kata Ace.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sentra Wyata Guna Bandung Iri Sapria, mengucapkan terima kasih kepada Komisi VIII DPR RI sebagai mitra Kementerian Sosial dalam menyejahterakan masyarakat yang membutuhkan. 

Ia menyebut nilai bantuan ATENSI yang diberikan pada hari ini merupakan hasil dari asesmen yang telah dilakukan.

"Berdasarkan hasil asesmen kami sampaikan bantuan ATENSI ini kepada 150 PPKS di Kabupaten Bandung Barat," kata Iri.

Baca Juga: 26 Unit Rumah untuk Korban Kebakaran TPA Kendari Diresmikan Mensos Risma

Bantuan dirasakan manfaatnya oleh PPKS. Salah satu penerima bantuan ATENSI Eneng Tayani mengungkapkan rasa terimakasihnya.

"Alhamdulillah, terima kasih banyak kepada seluruh tim yang memberikan bantuan, terima kasih," kata perempuan 40 tahun itu.

Turut hadir dalam acara tersebut, anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat, serta aparat desa setempat.

Baca Juga: Industri Perkebunan Berpegang Teguh Pada Konsep Bisnis Berkelanjutan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: