Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Manfaat Kelola Inventori dalam Bisnis Ritel, untuk Usaha Lebih Andal!

Manfaat Kelola Inventori dalam Bisnis Ritel, untuk Usaha Lebih Andal! Kredit Foto: Unsplash/Fikri Rasyid
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bisnis ritel berkembang pesat beberapa tahun terakhir, terlebih lagi didukung oleh adanya e-commerce dan berbagai software pendukung. Meski begitu, selalu ada tantangan dalam pengelolaan bisnis ritel, apalagi yang usahanya semakin besar. Salah satunya adalah dalam manajemen inventory atau pengelolaan gudang.

Dalam membantu pengelolaan gudang, sekarang juga sudah ada beberapa software inventory yang sangat membantu, misalnya saja https://www.jurnal.id/id/fitur/produk-inventory/. Dengan menggunakan software, human error sangat bisa diminimalisir. Selain itu kepuasan pelanggan juga tetap bisa dikontrol dengan lebih baik. Mari ulas lebih dalam mengenai manfaat manajemen inventory di bisnis ritel.

Baca Juga: Minat Investor Ritel Tinggi, Bahana TCW Bidik Dana Kelolaan Tumbuh 15% Tahun ini

Data Bisa Terpusat

Dengan menggunakan software inventory, jumlah stok dan transaksi bisa dikelola secara terpusat. Anda sudah tidak perlu lagi mengecek ketersediaan barang secara manual yang membutuhkan waktu lama. Sistemnya sudah otomatis, sehingga lebih efisien. Pengecekan juga bisa dilakukan di berbagai device, jadi lebih praktis lagi.

Stok Bisa Terkontrol dengan Baik

Keluar masuknya barang dengan adanya manajemen inventory ini juga akan tertata dengan lebih baik. Jadi staf akan tahu mana barang yang perlu distok. Tidak ada lagi kasus pembeli kecewa karena stok barang yang habis. Informasi yang cepat juga memungkinkan staf menginfokan lebih update kepada calon pembeli.

Ditambah lagi, berbagai manajemen inventory juga telah dilengkapi dengan banyak fitur yang memudahkan pengelolaan gudang. Salah satunya adalah adanya sistem notifikasi atau pemberitahuan jika stok barang di gudang sudah mulai menipis. Jadi pengelolaanya akan lebih maksimal.

Terintegrasi dengan Laporan Keuangan

Beberapa manajemen inventory juga sudah terintegrasi dengan laporan keuangan. Jadi, jika butuh laporan keuangan tinggal cek saja. Bisa juga terintegrasi dengan faktur penjualan yang memudahkan saat penagihan. Selain itu, berbagai informasi tentang harga setiap produk sampai dengan diskonnya juga bisa dicari tahu dengan lebih cepat.

Koordinasi Semakin Mudah

Dengan manajemen inventory yang terpusat, membuat koordinasi antar staf jadi lebih mudah. Tidak hanya dalam satu gudang saja, bahkan software inventory juga memungkinkan Anda untuk bisa mengkoordinasikan banyak gudang secara terpadu. Jika gudang satu sedang tidak tersedia, bisa diambilkan dari gudang lainnya.

Dengan sistem yang terorganisir ini bisa lebih menghemat waktu. Dikombinasikan lagi dengan sistem scan atau pindai kode barang, bisnis dalam ritel semakin lancar saja dan perkembangannya semakin baik.

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Sudah bukan rahasia umum lagi jika stok barang dari produk tertentu habis, pelanggan bisa beralih ke kompetitor. Nah, dengan adanya manajemen inventory, bisa membuat stok di gudang tetap stabil atau terkontrol. Artinya, kemungkinan pelanggan membeli di tempat kompetitor kecil, kepuasan pelanggan bisa meningkat.

Perencanaan Lebih Baik

Dengan data-data yang akurat ditunjukan di manajemen inventory, bisa dilihat dengan mudah barang mana saja yang sedang populer atau sebaliknya. Dengan begitu, staff bisa memperkirakan berapa barang yang perlu distok. Tentunya, untuk barang-barang yang best seller, semakin besar stok semakin baik dan sebaliknya.

Bisa Menghemat Biaya

Human error dan pengelolaan gudang yang berantakan bisa menyebabkan kerugian pada bisnis yang dijalani. Adanya manajemen inventory ini sangat bagus untuk meminimalisir human error. Selain itu, tidak perlu banyak lagi staf yang diperlukan jika semuanya sudah tersistem dengan baik.

Kesalahan manusia diminimalisir dan staf sedikit namun berkualitas bisa memangkas pengeluaran perusahaan. Kasus kompensasi kepada pelanggan karena barang datang terlambat karena stok habis juga jauh lebih sedikit.

Efisiensi Semakin Meningkat

Adanya manajemen inventory juga membuat bisnis yang dilakukan semakin efisien. Tidak ada lagi proses panjang melelahkan yang butuh waktu lama. Ada pun biasanya sesekali dan tidak setiap hari. Semuanya bisa dikontrol lewat device, dimana saja dan kapan saja. Sudah tidak perlu lagi mencatat secara manual barang yang masuk dan keluar, kian efisien saja.

Baca Juga: Menteri Teten: TikTok Shop Gabungan Media Sosial, Cross Border, dan Ritel Online Rugikan UMKM

Pengelolaan juga bisa dilakukan secara terpadu, memiliki satu atau sepuluh gudang manajemennya juga akan gampang. Dengan begitu, perusahaan akan lebih fokus kepada hal yang lebih penting, seperti marketing atau lainnya.

Manfaat yang akan didapatkan jika menggunakan manajemen inventory cukup banyak. Anda yang ingin pengelolaan gudang lebih dan efisien, tidak perlu ragu untuk memilih software inventory terbaik seperti Mekari Jurnal. Pengelolaan barang akan lebih efisien, profesional, cepat, akurat, dan juga aman.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ayu Almas

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: