Promosikan Produk UMKM, BNI dan Antam Kolaborasi Gelar Bazar UMKM untuk Indonesia
Kementerian BUMN kembali menggelar Bazzar UMKM untuk Indonesia. Agenda rutin bulanan sepanjang tahun 2023 yang merupakan bagian dari perayaan 25 tahun Kementerian BUMN ini kembali digelar di Lantai Rubanah-Lantai Basement Gedung Sarinah, Jakarta. Kali ini, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. bersama PT Aneka Tambang Tbk. (ANTAM) yang berperan sebagai penyelenggara pada Bazar yang akan berlangsung pada 27-30 Juli 2023.
Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting mengatakan, Gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) berkontribusi dalam meningkatkan konsumsi produk dalam negeri. Dengan berbelanja produk UMKM maka secara tidak langsung sudah berkontribusi mendukung perekonomian Indonesia.
"Jadi kalau kita semuanya bersama-sama mengkonsumsi produk-produk lokal khususnya produk UMKM, maka sebenarnya secara tidak langsung kita sudah ikut berkontribusi mendukung pertumbuhan perekonomian negara," ujarnya saat meresmikan pembukaan Bazar UMKM Untuk Indonesia. Baca Juga: Semester I 2023, BNI Salurkan Kredit Rp650,8 Triliun
Loto menyampaikan perekonomian Indonesia ditopang oleh UMKM. Kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PBD) Indonesia hampir 61 persen dan menyerap sebanyak 97 persen tenaga kerja. "65 juta UMKM yang ada di Indonesia, 80 persen merupakan para perempuan yang menggerakkan perekonomian keluarga," tambahnya.
Adapun kegiatan bazar yang berlangsung selama 4 hari tersebut disemarakkan dengan serangkaian agenda kegiatan peragaan busana dewasa, remaja dan anak-anak, Penampilan Musik Michelle, Presentasi Produk UMKM dari Peserta UMKM BNI dan ANTAM.
Bertepatan dengan momentum perayaan Hari Anak Nasional juga ditampilkan kegiatan gelar wicara (Talkshow) “Strategi Smart Family Menciptakan ’Quality Time’ Bersama Anak” dengan narasumber ahli Psikolog Hersa Aranti, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting, dan Pelaku Usaha dengan moderator Mafin Rizqi pada Jumat (28/7/2023).
Sekretaris Perusahaan ANTAM, Syarif Faisal Alkadrie menambahkan, kegiatan Bazar UMKM Untuk Indonesia juga merupakan ajang untuk memperkenalkan produk-produk mitra binaan dari berbagai unit bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia.
“Kami sangat senang memiliki kesempatan untuk bergabung dalam Bazar UMKM Untuk Indonesia pada bulan Juli ini karena bisa memberikan kesempatan kepada para mitra binaan ANTAM untuk memperluas pasar dan memperkenalkan produk-produk yang dimiliki. Selain itu pada kesempatan ini ANTAM juga memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk melakukan investasi produk logam mulia ANTAM karena pengunjung dapat membeli langsung produk emas ANTAM selama bazar ini berlangsung,” kata Faisal.
Menariknya, untuk para pengunjung Bazar UMKM Untuk Indonesia di Sarinah ini berkesempatan untuk memenangkan hadiah langsung 1 emas batangan Antam 0,5 gram untuk nilai transaksi terbesar setiap hari, dan khusus untuk hari terakhir 30 Juli 2023 hadiah emas batangan 3 gram akan diberikan kepada pengunjung dengan nilai transaksi terbesar. Baca Juga: Mencengangkan, Harga Emas Antam Turun Signifikan Jadi Rp1.068.000 per Gram!
Adapun ragam produk kategori kuliner di Bazar menampilkan aneka menu makanan dan minuman inovatif dan khas siap saji berbasis kekayaan alam lokal, seperti misalnya olahan Kolang-kaling, Lele, Pala, Kedondong, Madu, Kelapa, kopi, Ikan Patin, Pisang, Talas dan Jamur Tiram.
Kategori kriya menampilkan ragam produk aksesoris, cendramata, Boneka, Kerajinan Anyaman, perhiasan Etnik Batu Kalimantan, Tas dari kulit, dan Batik, sedangkan kategori produk kecantikan menampilkan inovasi sabun alami.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman
Tag Terkait:
Advertisement