Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dorong Efisiensi dan Penjualan yang Konsisten, SleekFlow Berikan Solusi Digitalisasi Bisnis Food and Beverages

Dorong Efisiensi dan Penjualan yang Konsisten, SleekFlow Berikan Solusi Digitalisasi Bisnis Food and Beverages Kredit Foto: SleekFlow
Warta Ekonomi, Jakarta -

SleekFlow, platform omnichannel social commerce, menawarkan solusi untuk mendorong pertumbuhan bisnis food and beverages di Indonesia maupun dunia lebih berkembang secara berkelanjutan. Dari pengalaman SleekFlow membantu klien di bisnis food and beverages ini, salah satu tantangan para pelaku usaha adalah menciptakan proses reservasi yang terbaik, serta meningkatkan keterlibatan dengan para pelanggan, termasuk mempermudah melakukan transaksi. 

Regional GM ASEAN SleekFlow, Asnawi Jufrie, mengatakan dari beberapa klien di bidang food and beverages yang pernah bekerja sama dengan SleekFlow seperti Cutt & Grill, Nutrition Kitchen, dan Le Dessert, rata-rata pelaku usaha itu memiliki kebutuhan untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan memiliki layanan terbaik untuk memudahkan transaksi. Untuk itu, para pelaku usaha tersebut berusaha untuk relevan terhadap kondisi pasar. 

"Namun, cara konvensional untuk menjangkau lebih banyak konsumen seperti email dan WhatsApp business biasa memiliki banyak keterbatasan, seperti minimnya otomasi yang bisa mendorong penjualan," ujarnya. 

Baca Juga: Gaet Allied Telesis, Tech Data Perkuat Distribusi Solusi AI

Untuk itu, SleekFlow memberikan solusi WhatsApp Business API atau WABA dan otomasi SleekFlow agar para pelaku usaha food and beverages ini bisa mendapatkan lebih banyak reservasi dan pemesanan terutama dengan otomasi untuk reservasi tempat. 

“Dengan WABA, para pelaku usaha food and beverages bisa secara konsisten memberikan update promo, selain itu otomasi juga memudahkan pelaku usaha untuk mengelola reservasi. Artinya, ada potensi untuk menjangkau konsumen lebih besar lagi,” tambah Asnawi.

Dari sisi operasional, layanan otomasi dari SleekFlow juga bisa membantu operasional bisnis menjadi lebih efisien dalam menerima reservasi tempat hingga melayani pertanyaan yang masuk. Semua pertanyaan itu akan tersedia dalam inbox terpadu di dashboard SleekFlow. 

Seperti kisah salah satu klien SleekFlow, yakni Cutt & Grill yang sudah bekerja sama sejak Januari 2023. Awalnya, Cutt & Grill ini memiliki masalah terkait proses reservasi yang baru bisa dilakukan secara manual. Sehingga, operasional dalam mengurus reservasi itu menjadi tidak efisien. Apalagi, ditambah, Cutt & Grill memiliki cabang yang cukup banyak. 

Setelah bekerja sama dengan SleekFlow, WhatsApp Business Cutt & Grill mendapatkan centang hijau sehingga bisa mengirim pesan secara broadcast, membuat quick replies atau otomasi reservasi, hingga berbicara langsung dengan admin di cabang. 

Ditambah, Cutt & Grill juga menggunakan dashboard SleekFlow untuk membuat chat routing di setiap cabang. Jadi, pelanggan bisa lebih mudah terhubung dengan admin di satu cabang yang diinginkan. 

Semua itu membuat operasional Cutt & Grill menjadi lebih efisien dan tidak perlu repot membalas pesan secara manual, termasuk melakukan proses reservasi secara online. 

Restaurant Manager Cutt & Grill Senopati Cut Meuthia Laimaniaty mengatakan SleekFlow sangat membantu dalam mengotomasi balasan pesan pelanggan. "Jadi  mereka gak perlu nunggu lama untuk mendapatkan jawaban,  karena setiap pesan yang masuk akan disesuaikan ke nomor kontak outlet yang dituju,” ujarnya.

Bahkan, layanan SleekFlow juga membantu bisnis food and beverages non restoran seperti Le Dessert, toko kue online nomor satu di Hong Kong. 

Sebelum menggunakan SleekFlow, Le Dessert mengalami masalah untuk menjangkau konsumen online yang lebih suka menghubungi via WhatsApp. Sayangnya, fitur broadcast WhatsApp Business terbatas, hanya kepada 256 kontak. Hal itu menjadi halangan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnisnya. Ditambah, kelemahan WhatsApp Business adalah tidak bisa melakukan pembayaran langsung di sana.

Setelah menggunakan SleekFlow, Le Dessert bisa mendapatkan apa yang diinginkannya, seperti terhubung dengan WhatsApp Business API yang membuat broadcast bisa lebih banyak lagi, serta bisa melakukan transaksi terhubung dengan platform e-Commerce Shopify dan platform sistem pembayaran Stripe melalui tautan pembayaran. Setelah menggunakan SleekFlow, Le Dessert mencatatkan kenaikan konsumen baru sebesar 15 persen dan pertumbuhan penjualan tembus 100 persen.

Baca Juga: Indibiz, Ekosistem Solusi Digital Dunia Usaha Indonesia

Founder Le Dessert Julien de Preaumont mengatakan transaksi perdagangan lewat percakapan di pesan instan begitu membantu bisnis lokal bisa bertumbuh lebih tinggi lagi. "Ketika konsumen bisa membayar dengan kartu kredit langsung via WhatsApp bisa menjadi pengubah permainan dalam sebuah bisnis," ujarnya.

Dari kisah Cutt & Grill dan Le Dessert, peran transformasi digital dalam berhubungan dengan konsumen sangat dibutuhkan dan bisa meningkatkan jumlah konsumen yang dijangkau hingga mendorong penjualan lebih tinggi lagi.

Asnawi kembali menjelaskan bahwa bisnis FnB dari skala kecil hingga menengah membutuhkan proses operasional yang efisien untuk bisa mencatatkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Misalnya seperti, menggunakan layanan SleekFlow dengan WABA dan berbagai fiturnya yang bisa mendukung penjualan via media sosial, termasuk aplikasi pesan instan seperti WhatsApp. 

"Dengan beralih ke proses digital, bisnis dapat fokus pada hal penting lainnya alih-alih berfokus dengan tugas repetiitf. Bisnis dapat menjangkau lebih banyak konsumen, meningkatkan loyalitas konsumen, dan mempermudah proses transaksi mereka," tutupnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: