Sosialisasi "MediaMIND 2023", kompetisi jurnalistik tahunan yang digelar oleh holding pertambangan BUMN PT Mineral Industri Indonesia atau MIND ID bekerja sama dengan Perum LKBN ANTARA, yang digelar di Medan, berjalan sukses.
Kegiatan yang dihadiri Corporate Communication MIND ID, Pratiwa Dyatmika; VP Smelter Government Relation and External Communication PT INALUM, Fajri Ramadhan; Corporate Communication PT INALUM, Gilang Sukma; dan Kepala Biro Sumatera Utara Perum LKBN ANTARA, Riza Mulyadi, itu diikuti oleh 40 perwakilan media di Medan.
Baca Juga: Grup MIND ID PTBA Buka Peluang Karier untuk Anak Muda lewat BUMN Goes To Campus
Pratiwa Dyatmika yang mengaku terkesan dengan kemampuan pantun masyarakat Medan meyakini para pewarta di ibu kota Provinsi Sumatera Utara itu juga andal dalam mengolah kata untuk menghasilkan produk jurnalistik yang baik. "Saya percaya jurnalis di Medan berkualitas," katanya, Selasa (1/8/2023).
Pratiwa pun berharap, melalui MediaMIND 2023, para pewarta di Medan dan Indonesia pada umumnya dapat memberikan edukasi kepada masyarakat soal program-program pemerintah yang dilakukan oleh MIND ID.
"Masyarakat berhak mendapatkan literasi soal pertambangan nasional yang mendetail dan berbasis data akurat sehingga bersama MIND ID para jurnalis dan masyarakat bisa bersama-sama memberikan nilai tambah untuk Indonesia dan menyukseskan program pemerintah," ujarnya.
Sementara, Fajri Ramadhan menyebut, tema MediaMIND 2023, yakni "Memberi Nilai Tambah untuk Indonesia" sangat bagus untuk mempublikasikan target hilirisasi pemerintah. Fajri ingin kompetisi jurnalistik kedua yang digelar MIND ID tersebut dapat memberikan nilai tambah, bukan hanya kepada pewarta, melainkan juga untuk MIND ID serta masyarakat.
"Jadi memiliki kontribusi bukan hanya untuk individu jurnalis dan media, melainkan juga kepada INALUM, MIND ID, serta masyarakat Sumatera Utara dan Indonesia," katanya.
Rangkaian MediaMIND 2023 dengan tema "Memberi Nilai Tambah untuk Indonesia" dimulai dari pengumpulan karya jurnalistik pada periode 24 Juli-14 September 2023. Dalam kurun waktu tersebut, dilaksanakan sosialisasi di lima kota, yakni Medan, Kendari, Surabaya, Palembang, dan Jakarta.
Ada empat kategori karya yang dilombakan, yaitu karya tulis hard news, karya tulis feature, karya video berita, dan karya foto. Seluruh produk jurnalistik yang dikirimkan peserta wajib memenuhi empat subtema sebagai berikut:
- Industri, yang berkaitan dengan teknologi dan inovasi grup MIND ID serta proyek strategis MIND ID;
- Komoditas, berkaitan dengan produksi grup MIND ID dan hilirisasi;
- Ekonomi dan bisnis, berkaitan dengan kinerja keuangan, sumbangsih grup MIND ID untuk ekonomi nasional, sumbangsih grup MIND ID untuk ekonomi daerah;
- ESG (Environmental Social Governance), berkaitan dengan sustainability dan tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL).
Adapun total hadiah untuk para pemenang MIND ID lebih dari Rp300 juta.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Puri Mei Setyaningrum
Tag Terkait:
Advertisement