Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Antisipasi Puncak El Nino, Wapres Paparkan Tiga Instrumen Mitigasi

Antisipasi Puncak El Nino, Wapres Paparkan Tiga Instrumen Mitigasi Kredit Foto: Humas Wapres
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma'ruf Amin, mengatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan langkah mitigasi dalam menghadapi El Nino atau fenomena pemanasan suhu muka laut yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah.

Menurutnya, hal ini berpotensi mengakibatkan berkurangnya curah hujan dan menimbulkan kekeringan di Indonesia. Kondisi ini diperkirakan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan mengalami puncaknya di Indonesia sekitar bulan Oktober-November.

Baca Juga: Antisipasi El Nino, Menteri Pertanian Naikkan Indeks Pertanaman di Sumut

"Pemerintah sudah mengantisipasi adanya El Nino dan sudah disiapkan juga instrumen-instrumen untuk mengatasinya," kata Wapres dalam keterangannya, Jumat (11/8/2023).

Wapres menjelaskan, sebagai langkah pertama, dilakukan penanaman padi lebih awal di daerah-daerah yang tidak dilanda kekeringan. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kelangkaan stok beras saat terjadinya puncak El Nino.

"Daerah-daerah yang diperkirakan masih bisa ditanami, yaitu sebagian di Jawa Timur, Sumatera Selatan, dan di daerah Sulawesi Selatan agar dipercepat segera penanamannya," imbuh Wapres.

Selain penanaman lebih, tambah Wapres, pemerintah juga telah menyiapkan stok beras melalui Bulog dari hasil panen raya petani. "Kemudian nanti kita sudah menyerap [hasil panen raya petani] untuk menyiapkan stok Bulog," papar Wapres.

Terakhir, sebagai langkah mitigasi ketiga, pemerintah juga telah menyiapkan opsi impor beras dari negara lain. Hal ini dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk memastikan kecukupan beras bagi masyarakat dalam menghadapi dampak terburuk yang mungkin terjadi akibat El Nino.

"Kita sudah menyiapkan, memang sekarang ini banyak negara yang tidak mau, tapi kita sudah memesan untuk diimpor, sebagai antisipasi, sehingga stok ini diperkirakan cukup saat menghadapi musim El Nino," pungkas Wapres.

Baca Juga: Rumania Jajaki Kerjasama Lintas Bidang dengan Bali, Mulai Pariwisata hingga Pendidikan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: