Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

LSI: Kejagung jadi Lembaga Penegak Hukum yang Paling Dipercaya Publik

LSI: Kejagung jadi Lembaga Penegak Hukum yang Paling Dipercaya Publik Kredit Foto: Unsplash/Wesley Tingey
Warta Ekonomi, Jakarta -

Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyebut Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadi lembaga penegak hukum yang paling dipercaya masyarakat daripada institusi serupa lainnya. Kepercayaan publik kepada Kejagung mencapai 74%.

Di posisi kedua, berdasarkan riset LSI periode Agustus 2023, ditempati pengadilan dengan 73%. Lalu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 68% dan Polri 66%.

"Ada 74% responden yang percaya dengan Kejaksaan Agung dalam penegakan hukum. Yang tidak percaya 21%, sedangkan 4% lainnya tidak menjawab," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, dalam paparannya secara daring, Rabu (30/8).

Kepercayaan publik terhadap Kejagung pun teratas daripada lembaga penegak hukum lainnya dalam pemberantasan korupsi. Sebab, meraih dukungan 71%, disusul pengadilan 70%, KPK 67%, dan Polri 66%.

Jika disandingkan dengan lembaga negara lainnya, Kejagung berada di peringkat ketiga dengan 77%. Posisi teratas ditempati TNI dengan 92% dan disusul presiden 89%.

Survei ini digelar pada 3-9 Agustus 2023 dan melibatkan 1.220 responden terpilih dengan menggunakan teknik multistage random sampling. Responden adalah WNI yang memiliki hak pilih.

Responden diwawancarai secara tatap muka oleh pewawancara terlatih. Adapun toleransi kesalahan sekitar 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Baca Juga: Kominfo Ajak Masyarakat Waspadai Jeratan Investasi dan Pinjol Ilegal, Begini Ciri-cirinya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: