Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

ASEAN Concord IV Disepakati, Menlu Retno: Landasan Visi Komunitas ASEAN 2045

ASEAN Concord IV Disepakati, Menlu Retno: Landasan Visi Komunitas ASEAN 2045 Kredit Foto: Alfida Rizky Febrianna
Warta Ekonomi, Jakarta -

Para Menteri Luar Negeri (Menlu) ASEAN sepakat untuk merekomendasikan ASEAN Concord IV agar diadopsi pada pertemuan KTT ASEAN ke-43 yang berlangsung pada 5-7 September 2023.

Keputusan ini disepakati dalam pertemuan Dewan Koordinasi ASEAN (ASEAN Coordinating Council Meeting/ACC) yang dipimpin Menlu RI Retno Marsudi, di Jakarta, Senin (4/9/2023).

Baca Juga: ASEAN Dibuat Semakin Relevan Lewat Keketuan Indonesia, Ini Buktinya!

Dalam kesempatan itu, Retno menjelaskan bahwa ASEAN Concord IV yang diprakarsai oleh Indonesia ini akan menjadi landasan perumusan Visi Komunitas ASEAN 2045 untuk memperkuat ASEAN agar dapat mengatasi tantangan masa depan.

“Tantangan yang kita hadapi saat ini memang sudah cukup besar untuk membuat kita terus berjuang, namun tantangan yang kita hadapi di tahun-tahun mendatang akan lebih besar lagi,” ujar Retno, di Asean Secretariat, Jakarta.

Ia menambahkan, ASEAN harus bersedia mengambil keputusan yang berani agar bisa terus maju dan tetap relevan. Perbedaan antar anggota tidak boleh menghalangi kemajuan ASEAN.

Oleh karena itu, dia berujar, KTT ke-43 juga akan mengambil keputusan terkait percepatan proses pengambilan keputusan pada saat krisis dan penguatan kapasitas ASEAN dalam merespons tantangan baru.

Baca Juga: Lewat Penyambutan Spesial, Sandiaga Unjuk Keramahan Indonesia ke ASEAN

Pada pertemuan ini, negara-negara anggota ASEAN menyampaikan apresiasinya atas kinerja High-Level Task Force (HLTF). Mereka sepakat untuk memberikan dukungan prinsip terhadap dokumen Visi Komunitas ASEAN 2045.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Alfida Rizky Febrianna
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: