Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menggali Filosofi yang Bikin Amazon jadi Perusahaan Raksasa Dunia

Menggali Filosofi yang Bikin Amazon jadi Perusahaan Raksasa Dunia Kredit Foto: Reuters/Mike Segar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Amazon memiliki filosofi kerja yang unik yang membuatnya terus inovatif, bahkan sebagai perusahaan raksasa dunia. Filosofi ini disebut “Day One”, yang artinya semua karyawan di Amazon diharapkan untuk selalu berpikir dan bekerja seolah-olah perusahaan ini masih berada di hari pertama operasinya.

Day One bagi CEO Amazon Jeff Bezos, memang sakral. Day One bukan hanya sekadar jargon, tetapi nilai budaya dan mindset yang diharapkan tumbuh dan diterapkan di dalam diri seluruh Amazonian. 

Dr Indrawan Nugroho, CEO dan Co-founder dari Corporate Innovation Asia (CIAS), mengatakan bahwa Bezos ingin membangun dan memelihara mentalitas kerja yang gigih dan segar melalui Day One. Itulah mentalitas berpikir dan bertindak Amazonian untuk memperlakukan Amazon seolah-olah masih terus menjadi perusahaan startup.

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir Tutup 173 Anak Perusahaan BUMN, Kenapa?

“Amazon ingin terus dikelola seperti perusahaan baru yang masih berada di hari pertama beroperasi,” jelas Indrawan, dikutip dari kanal Youtube-nya pada Jumat (08/09/2023).

Day One telahdigunakan sebagai jalan kehidupan dan mindset dalam bekerja di Amazon. Filosofi ini menjadi pengingat bahwa sehebat, sesukses, dan sebesar apapun Amazon sekarang, Amazon harus tetap dipertahankan dengan mentalitas dan energi hari pertama.

Uniknya lagi, di Amazon ada juga istilah “Day Two” atau hari kedua. Day Two ini merupakan metafora bagi perusahaan-perusahaan yang mulai berpuas diri. 

“Mereka merasa sudah sukses, lalu berhenti berinovasi,” ujar Indrawan.

Indrawan menjelaskan bahwa Day Two adalah perusahaan yang berada dalam kondisi statis atau tersumbat inovasinya, sehingga segalanya menjadi tidak relevan dengan perkembangan terkini dan perlahan-lahan kinerjanya melambat sampai akhirnya perusahaan bangkrut.

"Day Two menjadi peringatan bagi perusahaan untuk tidak terjebak di dalam rutinitas, kepuasan diri, dan keengganan untuk mengambil resiko," jelasnya lagi.

Amazon menanamkan mindset Day One dengan cara-cara yang unik. Misalnya, gedung kantor pusat Amazon disebut dengan Day One Building. Mindset Day One juga diwujudkan di dalam manajemen dan struktur kerja di Amazon. Dalam setiap rapat, Bezos selalu mendorong timnya untuk berpikir berani dan membuat keputusan dengan cepat.

Tidak hanya itu, Indrawan menyebutkan bahwa mindset Day One juga diterapkan dalam pemegang saham dan juga nama dari blog dari Amazon.

Day One juga dijadikan tema surat tahunan Bezos kepada para pemegang saham. Bahkan juga menjadi nama blog dari perusahaan,” pungkas Indrawan.

Baca Juga: Cerita Pemilik Usaha Batik Tinularsih Berhasil Ekspansi Berkat Digitalisasi UMKM

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Nevriza Wahyu Utami
Editor: Amry Nur Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: