Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Inovasi dan Prestasi, Ini Wejangan Mendagri Tito Saat Penganugerahan APDI 2023

Inovasi dan Prestasi, Ini Wejangan Mendagri Tito Saat Penganugerahan APDI 2023 Kredit Foto: Kemendagri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta pemerintah daerah (Pemda) meningkatkan prestasi dan inovasi. Upaya itu penting dalam mendorong perekonomian Indonesia agar mampu mencapai posisi empat besar dunia.

“Ini semua memerlukan kerja sama dengan pusat dan daerah. Untuk itulah kita mengharapkan adanya inovasi daerah semua bergerak, terutama pasca-orde baru terjadi perubahan paradigma dari sentralisasi menjadi desentralisasi, adanya otonomi daerah,” kata Mendagri dalam keterangannya, Rabu (13/9/2023).

Baca Juga: Cara Bisa Tumbuh Menonjol dengan Kompetitor Agregator Merek UMKM: Adaptasi Teknologi

Menurutnya, misi Indonesia menjadi negara dengan ekonomi terbesar ke-4 setelah Cina, India, dan USA bukan hanya sebatas mimpi. Pasalnya, Indonesia memiliki modal mumpuni dari tenaga kerja yang besar, bonus demografi, sumber daya alam yang melimpah, dan bentangan wilayah yang luas. Apalagi, hal itu didukung dengan iklim perekonomian yang kompetitif yang memancing kepala daerah untuk berprestasi.

“Banyak kira-kira indikator-indikator lain, di antaranya Indonesia juga first time in our history menjadi negara 20 besar ekonomi G20. Bukan hanya itu, diberi kepercayaan sebagai presidency tahun lalu G20 yang dianggap sukses, dan tahun ini kita juga menjadi presidency ASEAN juga dianggap sukses,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Mendagri juga banyak menguraikan hal-hal positif yang berhasil dilakukan oleh Pemda yang melakukan inovasi. Dirinya juga mengapresiasi adanya Penghargaan APDI 2023 yang secara tidak langsung mendorong Pemda untuk bergerak.

“Sekali lagi tes sistem kita, bagi Kemendagri dan bagi kita semua. Mana yang lebih baik, tapi paling tidak dengan acara-acara seperti ini membuat iklim yang kompetitif seperti ini akan sangat positif untuk memancing rekan-rekan untuk berkreasi, berinovasi, karena memang diberikan ruang,” tuturnya.

 Mendagri juga mendorong kepala daerah, baik yang berasal dari hasil Pilkada maupun penugasan (Penjabat), untuk kreatif dalam memajukan wilayahnya masing-masing. “Kita harus berusaha memancing para kepala daerah ini supaya mereka kreatif, inovatif, dan yang paling penting adalah membuat iklim yang kompetitif. Karena mereka dipilih rakyat, mereka membutuhkan rakyat untuk mendapatkan suara, jadi dia juga ingin berprestasi,” katanya.

Baca Juga: Empat Pj Gubernur dari Kalangan TNI/Polri, Tito: Tidak Langgar UU

Mendagri menjelaskan, kegiatan yang diinisiasi B-Universe bekerja sama dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tersebut merupakan bentuk pengakuan yang diberikan media kepada kepala daerah. Apalagi, pemberian penghargaan ini melalui berbagai seleksi yang ketat, objektif, dan kredibel. Adapun hasil penghargaan ini juga akan menjadi salah satu bahan evaluasi Kemendagri dalam menilai Penjabat (Pj.) Kepala Daerah.

Baca Juga: Masuk Deretan 100 Wanita Berpengaruh, Bos Pertamina Diakui Sukses Pimpin Perseroan Lewat Strategi Ini

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: