Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kenalkan Produk Indonesia di Tiongkok, Wapres Resmikan Paviliun Komoditas Indonesia di CAEXPO 2023

Kenalkan Produk Indonesia di Tiongkok, Wapres Resmikan Paviliun Komoditas Indonesia di CAEXPO 2023 Kredit Foto: BPMI Setwapres
Warta Ekonomi, Jakarta -

Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin berharap produl unggulan dari Indonesia akan semakin dikenal di kancah global. Hal ini disampaikan kala membuka Paviliun Komoditas Indonesia di China-ASEAN Expo (CAEXPO) Ke-20 yang digelar di Nanning International Convention and Exhibition Center (NICEC), Nanning, Guangxi, Tiongkok, Minggu (17/09/2023).

“Harapan saya Paviliun ini semakin mengenalkan produk Indonesia ke konsumen Tiongkok dan membuka akses pasar melalui direct selling ataupun kerja sama business-to-business,” kata Wapres dikutip dalam siaran pers, Minggu (17/9/2023).

Baca Juga: PM Cina Usul ke Wapres Maruf Amin Buat Bangun Akademi Fokasi Tiongkok-Asean

Wapres menambahkan, bersama dengan Paviliun City of Charms yang mengangkat potensi Kalimantan Tengah dan juga diresmikannya di Paviliun B2 NICEC, Paviliun Komoditas Indonesia menjadi jendela tampilan keunggulan produk ekspor Indonesia.

“Saya mendapatkan informasi Paviliun ini memiliki total 84 booth dengan peserta 49 perusahaan yang mempromosikan produk mulai dari consumer goods, makanan minuman, fesyen dan aksesoris, sampai dekorasi rumah dan furnitur,” paparnya.

Lebih jauh pada kesempatan ini, Wapres menggarisbawahi pentingnya kerja sama perdagangan antara Indonesia, Tiongkok, dan ASEAN. Paviliun Komoditas Indonesia menggambarkan tekad Indonesia untuk terus memperluas jangkauan pasar dan mempromosikan produk unggulan di arena internasional.

“(Paviliun ini) merupakan satu bukti lagi bahwa CAEXPO sebagai kolaborasi promosi perdagangan terus membawa hasil konkret dan positif bagi pebisnis Indonesia, ASEAN, dan Tiongkok,” tuturnya.

Menutup sambutannya, Wapres membuka secara resmi Paviliun Komoditas Indonesia yang dilanjutkan dengan pemotongan pita. “Dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohiim, saya menyatakan dengan ini Paviliun Komoditas dibuka,” ucapnya.

Baca Juga: Hadiri WIES 2023, Maruf Amin Dukung Pembentukan Wirausahawan Berkarakter

Sebelumnya, Duta Besar RI untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun dalam sambutan singkatnya menyampaikan bahwa di paviliun ini hadir lebih dari 80 produk unggulan dari Indonesia, termasuk dari Kalimantan Tengah.

“Ini adalah platform offline untuk branding produk-produk Indonesia. Selain itu kita juga memanfaatkan plaform online (melalui platform CAEXPO) untuk branding produk-produk Indonesia,” tuturnya.

Selain itu, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi pada kesempatan yang sama melaporkan bahwa Paviliun Komoditas Indonesia dibangun di luas area 2.150 m2 dan diikuti oleh empat kategori produk Food & Beverage, Fashion Accessories and Jewelry, Furniture and Home Decor, Consumer Goods, Spa, serta Herbal and Beauty.

“Paviliun ini dibangun atas kerja sama yang baik antara Pemerintah Indonesia tentunya dalam hal ini melalui Kementerian Perdagangan, BUMN Indonesia, dan tentu perusahaan swasta dari Indonesia, serta kerja sama yang baik dengan Pemerintah Guangzhou yang telah menyediakan stage secara gratis,” ungkapnya.

Didi pun bertekad bahwa penyelenggaraan event seperti ini akan terus dilanjutkan ke depan untuk mempromosikan produk-produk unggulan Indonesia.

“Tidak hanya di kancah Tiongkok dan ASEAN tetapi juga di kancah global lainnya,” tandasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Annisa Nurfitri

Advertisement

Bagikan Artikel: