Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Misi Google & YouTube: Dukung Proses Demokrasi di Seluruh Dunia, Termasuk Indonesia

Misi Google & YouTube: Dukung Proses Demokrasi di Seluruh Dunia, Termasuk Indonesia Kredit Foto: Andi Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktur Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik Google Indonesia, Putri Alam menyebut bahwa pihaknya bersama YouTube Indonesia berkomitmen mendukung proses demokrasi di Indonesia pada Pemilu di 2024 mendatang.

"Misi utama kami untuk mengorganisasikan informasi dunia agar bermanfaat dapat diakses secara universal. Google dan YouTube berkomitmen untuk mendukung proses demokrasi di seluruh dunia termasuk Indonesia," kata Putri dalam sambutannya di acara #YukPahamiPemilu di Chubb Square, Jakarta, Rabu (20/9/2023).

Sebagai negara terbesar ketiga dengan populasi penduduk terbanyak keempat dunia, Putri merasa perlu menyediakan informasi yang dapat diakses secara universal oleh masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Ribuan Warga Jabar Deklarasi Menangkan PAN Di Pemilu 2024

Kendati demikian, Putri pun menyadari pesatnya penyebaran informasi saat ini tidak terlepas dari tanggung jawab besar penyedia layanan, yakni Google Indonesia. Oleh karenanya, Putri meyakini kolaborasi lintas sektoral menjadi kunci menyukseskan misi tersebut.

"Kami percaya bahwa kolaborasi lintas pihak dapat menghasilkan sistem informasi yang kuat guna menyukseskan Pemilu 2024," jelasnya.

Putri pun mengaku, Google Indonesia telah menciptakan berbagai program kemitraan untuk menunjang proses demokrasi di Indonesia tahun 2024 nanti. Pertama, kata Putri, Google Indonesia menyediakan konten-konten otoritatif untuk mengatasi misinfomasi seputar pemilu.

"Pertama, melindungi pengguna dari konten berbahaya dan ilegal. kami menampilkan informasi otoritatif dan memiliki kebijakan yang menyeluruh untuk mengatasi misinfomasi," paparnya.

Program kemitraan kedua, kata Putri, Google Indonesia menyediakan informasi yang dapat diandalkan. Dia menyebut, program itu membantu meningkatkan kemampuan pemilih untuk mendeteksi misinfomasi.

Program tersebut juga dinilai bisa memberikan pilihan tepat melalui peningkatan literasi digital. Adapun program itu juga akan dijalankan bersama mitra-mitra dalam negeri.

Program terakhir, Putri menyebut akan bermitra dalam rangka menciptakan internet yang lebih aman. Menurutnya, internet aman dengan peningkatan keamanan siber menjadi salah satu kunci dalam mendorong kemajuan pada proses demokrasi. 

"Maka dari itu kami akan bekerja sama dengan mitra lokal untuk peningkatan keamanan akun untuk mitra-mitra utama kami dan juga kami memiliki komitmen untuk mendukung jurnalisme dan mitra peneliti untuk penanganan misinfomasi yang komprehensif dari hulu ke hilir," jelasnya.

"Pada tahun 2019 kami sudah berkolaborasi dengan KPU dan Bawaslu dalam memunculkan informasi otoritatif melalui Cek Fakta, kami juga sudah menjalin kemitraan guna mendukung jurnalis yang berkualitas," tandasnya.

Baca Juga: Hary Tanoe Tekankan Pentingnya Strategi Pemenangan Pemilu 2024

Baca Juga: Demi Perkuat Penguasaan Pasar, Anak Usaha Pertamina Jalin Kerja Sama dengan KKMC

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: