Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Oona Perkenalkan Asisten AI Generatif 'Yoona' untuk Pelanggan Indonesia

Oona Perkenalkan Asisten AI Generatif 'Yoona' untuk Pelanggan Indonesia Insurtech Oona | Kredit Foto: Instagram
Warta Ekonomi, Jakarta -

Platform asuransi umum digital di Asia Tenggara yang didukung oleh Warburg Pincus, Oona baru-baru ini mengumumkan peluncuran produk asuransi perjalanan Indonesia bernama Oona Flight Delay Insurance, yang didukung oleh asisten kecerdasan buatan (AI) generatif disebut Yoona. Seperti apa detailnya?

Direktur Oona Indonesia, Fenni Sutanto menjelaskan, Yoona merupakan asisten asuransi yang didukung AI dan termasuk yang pertama di dunia. Asisten AI ini menggunakan ChatGPT Gen-AI untuk berinteraksi dengan pelanggan dan penjualan asuransi.

Secara umum, terdapat tiga poin kemampuan Yoona, yakni bersifat kontekstual (contextual), mampu memahami topik di luar asuransi (out-of-topic), mampu merekam, dan merespons pesan dengan kontinu (continuation). 

Baca Juga: Oona Luncurkan Produk Asuransi Keterlambatan Penerbangan dengan AI di Indonesia

Pertama, dari segi kontekstual, Yoona dapat memberikan keterlibatan yang dipersonalisasi kemampuannya untuk memahami konteks percakapan.

“AI generatif dapat merespons secara mulus atau seamlessly, pengguna salah ketik saja, chatbot masih bisa respons secara konteks,” imbuh Fenni di acara Peluncuran Oona Flight Delay Insurance secara virtual pada Rabu (20/9/2023).

Kedua, dari segi kemampuan memahami topik di luar asuransi, Yonaa dapat memberikan keterlibatan yang dipersonalisasi kecerdasan dan selera humornya.

“Jadi Yoona enggak harus hanya bertanya tentang asuransi, info flight delay, atau apa pun itu, enggak. Yoona bisa kok merespons di luar topik asuransi,” sambung Fenni.

Ketiga, dari segi kemampuan merespons pesan secara kontinu, Yoona dapat mengingat dan menyimpan data chat dari perangkat pelanggan yang sama. Alhasil, pengguna tidak perlu mengulang lagi perintah (prompt) dalam chat ketika mereka ingin membeli produk asuransi. 

“Yoona dapat melanjutkan atau continue diskusi dan pengguna tidak perlu input kembali. Jadi Yoona simpan datanya 24 jam, kalau pengguna masih berkontakan dengannya,” tambah Fenni.

Lalu, bagaimana mengakses Yoona? Fenni menjelaskan, Yoona dapat diakses melalui webbot di www.myoona.id, serta di WhatsApp melalui nomor 08170010033. Bahkan, pengguna dapat membeli produk asuransi, termasuk Oona Flight Delay Insurance di WhatsApp. 

Diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Oona sempat mengalami rebranding nama, yang mulanya bernama Asuransi Bina Dana Arta (ABDA). Namun, entitasnya masih sama, yakni PT Asuransi Bima Dana Arta Tbk.

Baca Juga: Mengakses Layanan Insurtech Rey Makin Mudah di Jaringan Kimia Farma Lab & Klinik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Nadia Khadijah Putri
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: