Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

UMKM Pakaian Anak Produksi Lokal: Saya Sukses Jadi Pengusaha Karena TikTok

UMKM Pakaian Anak Produksi Lokal: Saya Sukses Jadi Pengusaha Karena TikTok Kredit Foto: Kiminori Kids
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tren belanja yang semakin beralih dari offline ke online, telah membuka peluang baru bagi para pelaku usaha untuk memperluas jangkauan pasar mereka. 

Salah satu platform yang paling efektif adalah media sosial, karena memungkinkan pelaku usaha untuk menjangkau segmen pasar yang sebelumnya terbatas oleh faktor geografis.

Contoh pelaku usaha yang sukses adalah Andre Oktavianus. Andre merupakan pengusaha di bidang konveksi pakaian anak dari Kiminori Kids yang sukses sejak memulai usahanya pada tahun 2007 silam.

Baca Juga: Pemerintah: Berikan Masukan Mengenai Tiktok Shop

"Saya memulai perjalanan bisnis dengan menjadi seorang sales bahan busana sebelum akhirnya memutuskan untuk merintis usaha di bidang konveksi pakaian anak. Pada tahun 2017, saya memutuskan untuk memanfaatkan peluang di dunia digital dan pada bulan September 2022, saya memulai penjualan di TikTok," ujar Andre beberapa waktu yang lalu.

Keberhasilan Andre meraih pasar dalam bisnis pakaian anak, didasari oleh ketepatan strategisnya. 

Andre menyadari bahwa penjual pakaian anak masih terbilang sedikit, dan ia bertekad untuk menjadi salah satu pelopor dalam kategori ini di Indonesia. 

"Saya dan kakak mengelola bisnis ini dengan memproduksi berbagai jenis pakaian anak di pabrik kami di Tegal, Jawa Tengah," lanjutnya 

Lebih lanjut Andre menambahkan, saat ini Kiminori Kids sudah memasarkan produknya hingga seluruh negeri.

Andre juga mengungkapkan, kesuksesan Kiminori Kids salah satunya adalah fokus pada desain dan bahan berkualitas. 

"Kami memproduksi setelan pakaian anak yang nyaman dipakai sehari-hari, baik untuk jalan-jalan maupun tidur, dan bahan yang kami gunakan sesuai dengan standar SNI yang berlaku," ungkapnya.

Setelah bergabung dengan TikTok Shop, Andre merasakan peningkatan penjualan yang signifikan. Keuntungan utamanya adalah adanya interaksi langsung dengan pelanggan melalui fitur interaktif di platform tersebut. 

"Dengan berfokus pada kualitas produk, pelayanan pelanggan, dan memanfaatkan platform media sosial dengan efektif, saya membuktikan sendiri bahwa bisnis pakaian anak dapat sukses dalam era digital ini. Sukses ini juga membawa manfaat bagi ibu-ibu rumah tangga yang dapat mencari penghasilan tambahan melalui menjadi affiliator atau reseller produk Kiminori Kids," tutup Andre.

Baca Juga: Pedagang Tanah Abang Keluhkan Sepi, Budi Arie Minta TikTok Ajari UMKM Dagang Online

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: