Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

JumpStart Indonesia Raih Penghargaan di Asian Technology Excellence Awards 2023 di Bangkok

JumpStart Indonesia Raih Penghargaan di Asian Technology Excellence Awards 2023 di Bangkok Kredit Foto: JumpStart
Warta Ekonomi, Jakarta -

Perusahaan rintisan (startup) pionir mesin kopi pintar dan pengembang teknologi smart retail, JumpStart Indonesia baru-baru ini berhasil meraih penghargaan pada ajang Asian Technology Awards 2023 dengan kategori Technology Excellence Award-Smart Technology Retail.

Dilansir dari keterangannya pada Rabu (27/9/2023), penghargan tersebut diberikan pada JumpStart Indonesia atas kontribusi mereka dalam memajukan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia dengan platfrom ritel cerdas hulu ke hilir (end-to-end) yang memanfaatkan teknologi informasi (TI)) dan mesin sebagai solusi komprehensif dalam logistik, pemasaran, perkiraan, pelaporan, dan analisis.

JumpStart Indonesia menawarkan pusat terpadu untuk pengumpulan dan distribusi produk melalui vending machine pada lokasi strategis di kota-kota besar. Alhasil, ini membantu UMKM meminimalisasi biaya operasional dan pemasaran, sehingga mereka dapat menjangkau pasar potensial dengan lebih efisien.

Baca Juga: Selesai Bangun Gudang Fantantis, Startup Restock Langsung Ekspansi ke Bandung

Selain itu, JumpStart Indonesia membantu UMKM untuk pembagian data inventaris dan penjualan secara real-time, serta simulasi dan otomatisasi dengan sistem ini memungkinkan penjual mengelola bisnis mereka dari jarak jauh dan mendapatkan wawasan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis mereka.

CEO JumpStart Indonesia, Brian Imawan mengatakan, melalui perkembangan UMKM yang pesat di Indonesia ini, pihaknya mendukung UMKM serta berkontribusi dengan memperluas distribusi produk UMKM lewat vending machine pintar yang sudah terintegrasi dengan berbagai solusi.

“Mesin kami juga tidak terbatas menjual makanan dan minuman, tetapi kami juga menjual hasil karya UMKM lainnya seperti tas, sepatu, baju, dompet bahkan kerajinan logam mulia,” kata Brian yang dilansir dari keterangannya pada Rabu (27/9/2023). 

Lantas, apa komitmen JumpStart Indonesia dalam mendukung UMKM? Startup ini memulainya dari kegiatan Locale Pop Up yang berkolaborasi dengan salah satu e-commerce Indonesia pada tahun 2022. Kegiatan tersebut diresmikan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop-UKM) Teten Masduki.

Saat itu, vending machine pintar JumpStart Indonesia memasarkan produk makanan dan minuman dari UMKM binaan e-commerce tersebut selama 20 hari di Grand Indonesia dan berhasil menjual 11 macam produk UMKM kepada hampir 196 ribu konsumen yang mendorong peningkatan pertumbuhan penjualan sebesar 18% per produk UMKM.

Tidak hanya itu, sebagai dukungan maksimal pada UMKM, JumpStart Indonesia menerapkan sistem pembelian putus, sehingga UMKM tidak perlu khawatir adanya risiko barang yang di-retur karena tidak laku.

Baca Juga: Kominfo Ajak Masyarakat Waspadai Jeratan Investasi dan Pinjol Ilegal, Begini Ciri-cirinya

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Nadia Khadijah Putri
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: