Konsep Creating Shared Value (CSV) atau Menciptakan Nilai Bersama merupakan model bisnis yang memungkinkan perusahaan menjadi lebih mudah dalam menciptakan nilai sosial dan ekonomi secara bersamaan sesuai strategi perusahaan. Model ini juga diyakini dapat mempercepat pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, perusahaan dapat menciptakan nilai ekonomi sekaligus menciptakan nilai sosial.
Dikenalkan oleh Michael Porter dan Mark Kramer pada tahun 2006, konsep Menciptakan Nilai Bersama merupakan kebijakan dan proses teknis operasional yang meningkatkan nilai-nilai kompetitif perusahaan, dan secara bersamaan memajukan kondisi sosial dan ekonomi. Keuntungan yang melibatkan nilai bersama memungkinkan masyarakat untuk maju dan perusahaan akan tumbuh dengan pesat.
Di Indonesia konsep CSV mulai dijalankan oleh perusahaan, mulai dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hingga perusahaan swasta hingga emiten. Untuk mengukur tingkat keberhasilan program CSV, INFOBRAND.ID bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia melakukan penjurian. Berdasarkan presentasi penjurian yang telah dilakukan, beberapa perusahaan menerapkan CSV melalui program-program sosial yang berfokus pada pengentasan kemiskinan, pendidikan, kesehatan, atau ketrampilan kerja.
”Melalui program CSV yang dijalankan perusahaan tidak hanya memberikan sumbangan, tetapi juga melibatkan sumber daya dan keahlian mereka untuk menciptakan solusi berkelanjutan yang memberikan manfaat bagi masyarakat dan juga menciptakan nilai jangka panjang bagi bisnis mereka,” ujar Susilowati Ningsih, dalam Virtual Award Ceremony Top CSV Award 2023 dan Top SDGs Award 2023, Rabu (4/10/2023).
Untuk mengapresiasi perusahaan yang sukses menjalankan program CSV dan menerapkan nilai-nilai SDGs di dalam perusahaan, INFOBRAND.ID sebagai media brand dan bisnis, bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia, perusahaan consulting yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand, menghadirkan TOP CSV AWARD 2023 dan TOP SDGS AWARD 2023.
Lebih lanjut Susilowati Ningsih menjelaskan, TOP CSV AWARD 2023, merupakan penghargaan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan atau brand yang telah berhasil menjalankan program ”Creating Shared Value”. Sedangkan Top SDGs Award 2023, merupakan penghargaan bergengsi yang dianugerahkan kepada perusahaan-perusahaan yang telah berhasil menjalankan program social development dalam strategi bisnisnya dan berkontribusi terhadap pencapaian 17 poin tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs.
Tujuan dari penghargaan tersebut, Top CSV Award tentu saja untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah berhasil menjalankan program CSV untuk membangun keunggulan kompetitif, untuk meningkatkan citra, reputasi dan kepercayaan terhadap perusahaan di mata publik, dan mendorong perusahaan di Indonesia untuk semakin meningkatkan program CSV yang berdampak positif bagi lingkungan sosial dan perusahaan.
Sedangkan Top SDGs, bertujuan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang telah menerapkan SDGs sebagai strategi perusahaan, bukti keberhasilan perusahaan dalam mengimplementasikan SDGs sehingga memberikan kontribusi nyata terhadap perusahaan, memberikan value bagi lingkungan dan juga sosial, menjadi barometer pengukuran aktivitas SDGs, hingga memotivasi perusahaan lain untuk menerapkan SDGs ke dalam strategi berkelanjutan perusahaan.
“Kami meyakini, dengan komitmen perusahaan dalam menjalankan Program CSV maupun SDGs, akan menjadi langkah strategis bagi perusahaan dalam mewujudkan bisnis yang berkelanjutan. Serta menjadi strategi ampuh dalam menghadapi tantangan demi tantangan bisnis yang akan datang,” jelas Susilowati Ningsih.
Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, menjelaskan, untuk menentukan pemenang dari masing-masing penghargaan tersebut, telah dilakukan serangkaian proses penilaian yang dilakukan secara terpisah. Penilaian Top CSV Award, dilakukan melalui proses penjurian dengan mengacu pada tiga kriteria penilaian yakni; CSV Concept Aspect, melihat konsep CSV yang diterapkan oleh perusahaan selaran dengan strategi bisnis. CSV Impact Aspect, mengukur dampak positif bagi internal perusahaan, dan eksternal perusahaan untuk mengukur dampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat sesuai nilai SDGs yang dimasukkan. Dan CSV Branding Asptect, menilai kegiatan CSV yang dijalankan memiliki nilai branding bagi perusahaan.
Sementara, penilaian Top SDGs Award, dilakukan berdasarkan hasil riset dan penilaian dengan mengacu kepada tiga parameter penilaian yakni; SDGs Innitiative Aspect, menilai konsep dan gagasan awal perusahaan dalam inisiatif penerapan poin-poin dari 17 tujuan SDGs ke dalam aspek bisnis perusahaan baik internal dan eksternal perusahaan. SDGs Implementatation Aspect, menilai penerapan SDGs dengan mengacu pada laporan berkelanjutan yang telah terpublikasi secara resmi. Dan CSR/TJSL Fund Aspect, menilai besaran anggaran yang telah direalisasikan dalam menjalankan program tanggung jawab sosial dan lingkungan atau CSR yang mengedepankan tujuan pembangunan berkelanjutan di dalamnya.
“Proses riset dilakukan terhadap lebih dari 1.000 perusahaan terriset meliputi BUMN, Subsidiary BUMN, Perusahaan Publik dan perusahaan swasta nasional,” ungkap Tri Raharjo.
Adapun peraih penghargaan Top CSV Award 2023 adalah; PT Tangkas Cipta Optimal (TACO) dengan program “Mitra TACO Creating Shared Value for The Sustainable Growth”, SIRCLO dengan program “PANEN OMSET (Sustainable Business for UMKM)”, dan MM FEB Universitas Airlangga dengan program “GEN UNAIR+”, dan pemenang lainnya.
Sementara peraih penghargaan Top SDGs Award 2023 adalah; PT Bank Mayapada International Tbk, PT Cikarang Listrindo Tbk, PT Darya-Varia Laboratoria Tbk, PT Federal International Finance (FIFGROUP), PT Elnusa Tbk, PT Pelabuhan Indonesia (Persero), PT Mandiri Utama Finance, dan berbagai pemenang lainnya.(
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Ferry Hidayat
Tag Terkait:
Advertisement