Keuntungan yang Berkelanjutan: Rahasia Sukses Bisnis ala Fellexandro Ruby dan Ninja Xpress
Ketika menjalankan bisnis, mendapatkan profit bisnis yang konsisten adalah dambaan setiap pelaku usaha. Namun, terkadang, dalam dunia bisnis yang serba dinamis, mencapai konsistensi bisa menjadi tantangan yang tidak mudah.
Keberlanjutan bisnis sangat bergantung pada kemampuan mengelola profit dengan bijaksana sekaligus mempertahankan visi jangka panjang. Meskipun mungkin terlihat sulit, mencapai tujuan ini tidaklah mustahil.
Untuk membantu Anda meraih kesuksesan finansial dalam bisnis, mari kita pelajari tiga langkah penting ala Fellexandro Ruby, seorang creativepreneur, penulis, serta content creator ilmu bisnis dan keuangan bersama Ninja Xpress dalam mempertahankan profit bisnismu.
Baca Juga: Ninja Xpress dan DANA Hadirkan Program Loyalitas untuk Dukung UKM
Dalam pandangan Ruby, menjaga kenaikan profit yang konsisten bergantung pada tiga komponen penting yang ia sebut sebagai "Tiga P", yaitu People, Planet, dan Profit. Menurut Ruby, agar profit konsisten meningkat, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan, seperti:
1. Tingkatkan Margin
Margin adalah jumlah keuntungan yang dihasilkan dari penjualan. Produk dengan margin yang lebih besar akan lebih menguntungkan bagi pelaku usaha. Margin laba dihitung dengan membagi laba bersih dengan total penjualan atau biaya bisnis selama periode tertentu.
Hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan margin seperti, membuat koleksi baru dan menaikkan nilai produk dengan menggunakan bahan yang berkualitas, desain menarik, dan branding yang beda.
2. Memperluas Market Share
Market Share adalah seberapa banyak produk yang terjual. Semakin banyak produk yang terjual, semakin tinggi keuntungannya dan peluang untuk berkembang. Bisnis dengan market share tinggi lebih diingat oleh pelanggan.
Salah satu cara mencapainya adalah dengan beriklan dengan bijak, seperti melalui media sosial. Di sana, kita dapat menargetkan calon pelanggan berdasarkan karakteristik mereka, sehingga iklan kita lebih efektif dan membuat bisnis kita dikenal.
3. Meningkatkan Customer Satisfaction
Kepuasan konsumen adalah kunci untuk mendapatkan loyalitas. Konsumen yang setia akan merekomendasikan brand kepada teman-temannya. Cara terbaik untuk meningkatkannya adalah dengan:
Memperhatikan keseluruhan perjalanan konsumen
Pastikan pengalaman konsumen, mulai dari menemukan produk hingga penggunaan, berjalan lancar dan positif. Berikan voucher diskon sebagai imbalan setelah pembelian untuk pengalaman belanja yang lebih baik.
Terlibat dalam riset pasar
Lebih kenal dengan konsumen dengan memantau chat mereka, mendapatkan masukan setelah pembelian, dan memilih jasa pengiriman yang andal. Ini membantu kita untuk mengerti lebih baik kebutuhan konsumen.
Dengan menerapkan tiga langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat meningkatkan profit bisnis secara konsisten. Semua ini dapat membantu bisnis tumbuh dan berkembang, menghasilkan keuntungan yang stabil seiring waktu. Jadi, terapkan strategi ini dengan baik, dan lihat bisnismu mencapai kesuksesan yang lebih besar.
Baca Juga: Rayakan Hari Pelanggan Nasional, Ninja Xpress Optimalkan Layanan Same Day Delivery
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait:
Advertisement