Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Strategi Momogi Menjangkau Pasar Lokal dan Mancanegara

Strategi Momogi Menjangkau Pasar Lokal dan Mancanegara Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sejak PT Sari Murni Abadi meluncurkan Momogi pada 2003, merek ini mulai dikenal sebagai camilan stick ekstrudat jagung dengan ciri khas memiliki rongga di bagian tengahnya. Momogi Stick, produk pertama yang sukses memikat pasar lokal. Varian rasa jagung bakar digemari anak-anak hingga orang dewasa dari dulu hingga saat ini. 

Head of Marketing PT Sari Murni Abadi, Bernando Pardamean menjelaskan, Momogi menargetkan semua pecinta snack dengan target komunikasi utama yakni anak-anak. Sejak awal Momogi dirilis, seluruh produk-produknya diedarkan secara merata di seluruh Indonesia.

“Momogi didistribusikan ke seluruh depo nasional, selanjutnya depo akan mendistribusikan lagi ke grosir dan toko kelontong supaya mudah didapatkan konsumen,” urainya.

Namun memasuki era internet yang berkembang, sebagian masyarakat beralih berbelanja secara online melalui platform marketplace. Menyadari perubahan perilaku konsumen ini, Momogi membuka distribusi penjualan lewat berbagai platform e-commerce di Indonesia termasuk Shopee, Tokopedia, Tiktok Shop dan Astro.

Sementara untuk memikat konsumen sekaligus meningkatkan penjualan online, sambung Bernando, Momogi melakukan berbagai promo seperti paket bundling, flash sale, live shopping dan iklan.

“Selain itu, Momogi juga memiliki Facebook, Instagram, Tiktok dan Youtube aktif yang dapat memberikan direct link ke toko-toko online Momogi,” ucapnya.

Momogi terus berinovasi mengeluarkan produk baru maupun cita rasa baru secara berkala. Misalnya saja tahun ini Momogi menambah variasi rasa Momogi Stick meliputi cappuccino, tutti frutti, coco pandan, kimchi, balado dan rumput laut. Tak hanya itu, selain Momogi Stick tersedia juga variasi snack lain seperti Momogi Malkist Crackers, Mowmowmie, Momogi Marie Susu, Momogi Twist hingga Momogi Wafer 3 in 1.

“Harapannya dapat menjangkau orang-orang yang mungkin belum mengonsumsi Momogi, memperlebar pasar dari anak-anak hingga orang dewasa,” jelasnya.

Tak hanya didistribusikan di dalam negeri, Momogi juga merambah pasar mancanegara. Momogi memulai ekspor pada 2020 dan telah menjangkau pasar di Malaysia, Kamboja, Korea Selatan, Arab Saudi, Oman, Palestina, Maldive, Mauritius, Kepulauan Pasifik dan Samoa. 

Bernando menambahkan, strategi Momogi menjangkau pasar mancanegara adalah dengan meneliti secara detail seperti apa pasar negara-negara tersebut dan memberikan produk yang dibutuhkan di masing-masing negara sesuai produk portofolionya.

Momogi juga aktif mengikuti pameran snack internasional selama 2023 untuk memperkenalkan produk-produknya. Sebut saja pameran Gulfood Expo di Dubai, Vietnam Expo, FHAM Maldive, Thaifex Bangkok, Africa’s Big 7, Fine Food Australia, Trade Expo Indonesia dan SIAL Interfood.

Usai mengikuti Vietnam Expo 2023, PT Sari Murni Abadi berencana ekspansi pasar ke Vietnam. Penjajakan pasar termasuk mencari mitra bisnis sebagai distributor telah diupayakan selama pameran tersebut berlangsung.

“Updated later, masih dalam mutual business arrangement,” pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: