Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Strategi Pramita Sari, Perempuan Emas Jadi Rahasia Gemilangnya Segmen Premium Mazda di Indonesia

Strategi Pramita Sari, Perempuan Emas Jadi Rahasia Gemilangnya Segmen Premium Mazda di Indonesia Kredit Foto: Mazda Indonesia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Mazda Indonesia, pemain dominan di pasar otomotif premium Jepang, telah sukses meluncurkan SUV premium terbarunya di Indonesia, yakni All-New Mazda CX-60. Ujung tombak pencapaian pemasaran yang luar biasa ini tidak lain adalah Pramita Sari, General Manager Marketing and Communications Eurokars Motor Indonesia. Di bawah kepemimpinan dan strateginya, Pramita Sari dengan sukses meluncurkan All-New Mazda CX-60, sekaligus meningkatkan PR (Public Relations) Value merek Mazda di segmen mobil premium Indonesia sebesar 30%.

Tumbuhnya kesadaran merek Mazda sebagai kendaraan premium di benak masyarakat Indonesia merupakan hasil rancangan strategi pemasaran yang apik dan cermat oleh Pramita Sari serta timnya. Hal ini terbukti seperti saat seri Mazda CX-5, berhasil mengamankan 31% dari 1.002 surat pemesanan kendaraan (SPK) selama acara GIIAS 2023 berlangsung, menunjukkan kehebatan dan daya tarik merek Mazda di pasar otomotif dalam negeri.

Baca Juga: Mazda Indonesia: Sebuah Manifestasi Akan Kualitas dan Nilai

Pramita Sari memulai perjalanan kariernya di dunia otomotif sejak November 2021 sebagai Head of PR & Communications, mengandalkan keahlian yang ia dapatkan sebelumnya dari mengelola berbagai merek di sektor perhotelan dan gaya hidup di Indonesia.

Kecintaannya dan rasa keingintahuannya yang mendalam pada dunia pemasaran mengantarkannya ke Mazda Indonesia, di mana ia ditantang untuk meningkatkan dan menumbuhkan kehadiran merek Mazda di benak publik Indonesia. Ketajaman strateginya telah meningkatkan brand awareness Mazda sebagai merek otomotif premium di Indonesia sebesar 10%.

Di bawah kepemimpinannya, Eurokars Motor Indonesia telah memperkuat brand positioning-nya sebagai merek premium melalui pendekatan multifaset berikut: 

  1. Diferensiasi produk: Menyoroti model dan desain Mazda yang unik dan kreatif.
  2. Menekankan nilai-nilai Mazda: Mengkomunikasikan makna dan nilai-nilai Mazda secara konsisten untuk membangun hubungan yang langgeng dan berkelanjutan dengan pelanggan.
  3. Keunggulan dalam pengalaman pelanggan: Komitmen Eurokars Motor Indonesia dalam mencapai kepuasan pelanggan secara menyeluruh yang ditandai dengan investasi pada aspek pengalaman pelanggan yang mendetail, memastikan basis pelanggan yang setia.
  4. Memanfaatkan transformasi digital: Dengan merangkul perkembangan digital dan secara proaktif menjangkau pelanggan melalui platform online, Eurokars Motor Indonesia secara antusias mengedukasi, melibatkan, dan memperluas audiensnya.
  5. Strategi pemasaran yang inovatif: Misalnya, implementasi kampanye yang imajinatif, kolaborasi dengan influencers dan merek lain yang memiliki brand positioning serupa, dan aktivasi marketing melalui acara atau proyek yang apik telah terbukti menarik minat dan perhatian audiens target. Salah satu bukti berhasilnya upaya ini adalah dengan didapatkannya penghargaan Favorite Booth dalam ajang GIIAS 2022 untuk kategori Passenger
  6. Gesit beradaptasi: Pemahaman akan sifat industri otomotif indonesia yang cepat berubah dan dinamis menekankan pentingnya menjadi pemasar profesional yang lincah, fleksibel, dan juga memiliki kemampuan adaptasi yang cakap.

Baca Juga: Seruan Presiden Jokowi di KTT AIS Forum 2023: Laut Bukan Pemisah tapi Pemersatu!

Selain itu, Pramita Sari juga mendorong pendekatan pemasaran berbasis nilai (value-driven) yang akan membantu para pemasar dalam membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: