Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Purbaya: Antusiasme Masyarakat Tinggi untuk Berkontribusi bagi Kebijakan LPS

Purbaya: Antusiasme Masyarakat Tinggi untuk Berkontribusi bagi Kebijakan LPS Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Sayembara Riset LPS Call for Research 2023 (LPS CFR 2023) diikuti total jumlah paper yang masuk sebanyak 220 paper atau meningkat 57% dari tahun lalu yang sebanyak 140 paper. Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa menyatakan, banyaknya peserta yang mengirimkan paper hasil risetnya ini menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat untuk berkontribusi dalam kebijakan LPS.

“Hal ini merupakan kebanggaan bagi LPS karena minat masyarakat untuk meneliti, khususnya terkait peran penjaminan simpanan dan resolusi, semakin meningkat. Salah satu juara sayembara riset untuk kategori subtema umum berasal dari Aceh, selain itu terdapat juara favorit dari Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, dan Maluku Utara yang menunjukkan bahwa peserta sayembara riset tidak hanya terkonsentrasi di pulau Jawa, namun juga dari berbagai wilayah di Indonesia,” ujarnya di acara LPS Research Fair, dihelat di Jakarta, Rabu (11/10/2023). Baca Juga: LPS Cairkan Klaim Simpanan Rp94,47 Miliar untuk 1.640 Nasabah BPR Karya Remaja Indramayu

Adapun, sayembara riset bergengsi, LPS CFR 2023 telah memasuki fase akhir bersamaan dengan digelarnya LPS Research Fair 2023 pada hari ini. LPS CFR sendiri merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh LPS guna memberikan wadah kepada para peneliti, akademisi, dan masyarakat luas yang memiliki minat tinggi terhadap penulisan karya tulis ilmiah, khususnya yang terkait dengan peran dan fungsi LPS. 

Pada tahun ini, tema yang diangkat adalah “Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan dalam Menghadapi Ketidakpastian Global dan Mendorong Pertumbuhan Ekonomi”. Tema ini sejalan dengan mandat baru LPS berdasarkan Undang-Undang No. 4 tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan.

LPS Research Fair 2023 dilakukan secara hybrid dengan peserta yang hadir secara luring dan daring. Pada sesi seminar Professor in the Mechanical Engineering Department at University of California Berkeley, Prof. George Anwar, hadir sebagai keynote speaker.

Pada kesempatan ini, LPS juga meluncurkan terbitan berkala secara bulanan yakni Research Digest yaitu tulisan-tulisan yang mengulas perkembangan makro ekonomi global dan domestik, isu-isu tematik yang sedang terjadi, dan beberapa informasi lainnya terkait fungsi dan tugas LPS. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai Research Digest ini juga dapat mengunjungi website resmi LPS di lps.go.id. Baca Juga: Genjot Ekonomi Kreatif, LPS Gelar The 46th Jazz Goes to Campus

Selain sesi seminar, pada LPS Research Fair 2023 ini diumumkan juara Sayembara Riset LPS Call for Research 2023 baik dari subtema umum maupun subtema khusus, serta juara favorit dari 4 wilayah (Jawa-Bali, Sumatera, Kalimantan-Sulawesi, dan Maluku-NTB-NTT-Papua).

Dan, berikut adalah daftar juara Sayembara Riset LPS Call for Research 2023:

Kategori Subtema Umum:

Juara 1, Sulaeman & Husnul Mirzal (Determinasi Pembiayaan Bagi Hasil pada Perbankan Syariah di Indonesia: Implikasi Kebijakan Pasca COVID-19)

Juara 2,  Aznovri Kurniawan (Perbankan Syariah Pasca Pandemi COVID-19: Apakah masih Memiliki Ketahanan yang Lebih Baik terhadap Krisis?)

Juara 3, Annisa Nur Salam & Nur Andriyani (Peran Inklusi Keuangan dan Transaksi Digital dalam Memperkuat Stabilitas Sistem Keuangan di Indonesia)

Kategori Subtema Khusus:

Juara 1, Yogo Purwono (Desain Premi Penjaminan Polis Asuransi dan Pengambilan Risiko Perusahaan Asuransi: Suatu Analisis Berdasarkan Model Contingent Claim)

Juara 2, Arisyi Fariza Raz & Christy Dwita Mariana (Dampak dan Risiko Digitalisasi Bank di Indonesia)

Juara 3, Siti Saadah, Teresia Angelia Kusumahadi & Fikri C. Permana (Konglomerasi Perbankan dan Potensi Risiko Sistemik: Studi Kasus Pada Perusahaan Keuangan Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Juara Favorit:

Wilayah Jawa-Bali

Supeni Anggraeni Mapuasari, Dara Aurora Prayogo, & Diana Christin (Apakah Penjaminan Polis Asuransi dapat Menaikkan Intensi Pembelian? Analisis Persepsi, Ekspektasi, dan Prediksi Perilaku Konsumen)

Anniza Citra Prajasari (Central Bank Digital Currency (CBDC): Analisis Multi-Grup dan Kesiapan Adopsi melalui Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Dimodifikasi)

Wilayah Sumatera

Nugraha Pukuh, Hayu Fadlun Widyasthika & Shinta Mahaputri Hakim (Transformasi Digital dan Lingkungan: Analisis Emisi Karbon pada Era Transaksi Digital di Indonesia)

Pertiwi Utami & Tulus Suryanto (Merancang Solusi Credit Crunch di Indonesia: Belajar dari Krisis Keuangan Dunia)

Wilayah Kalimantan - Sulawesi

Aditya Idris (Pemodelan Laju Peningkatan Nilai Asuransi berdasarkan Skema Perbankan, PDRB dan Pekerja Sektor Mikro dan Kecil dengan Pendekatan Regresi Spline)

Mukaromah & Khusnul Mar Iyah M (Quo Vadis Program Penjaminan Polis oleh Lembaga Penjamin Simpanan dalam Mewujudkan Stabilitas Sektor Keuangan dan Public Trust)

Wilayah Maluku - NTB - NTT - Papua

Muhammad Iryanto, Hijrasil & Fathy Inat (Stabilitas Nilai Tukar Rupiah Suku Bunga dan Dinar (Emas) terhadap Inflasi di Indonesia).

Modesta Seran Bouk (Strategi Meningkatkan Literasi terhadap Program Penjaminan Simpanan oleh  LPS pada Masyarakat Desa Camplong II Kecamatan Fatuleu Kabupaten Kupang  Nusa Tenggara Timur).

Baca Juga: Industri Perkebunan Berpegang Teguh Pada Konsep Bisnis Berkelanjutan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: