Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

GAKESLAB Indonesia Terus Bangun Sinergi untuk Memajukan Industri Alat Kesehatan

GAKESLAB Indonesia Terus Bangun Sinergi untuk Memajukan Industri Alat Kesehatan Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

GAKESLAB berkomitmen membangun sinergi industri kesehatan dengan stakeholder dan mengembangkan serta meningkatkan industri kesehatan dalam negeri, adalah diantara upaya yang terus dilakukan

"Bersama stakeholder dan pemerintah serta instansi swasta agar dapat menjadi  pilar bisnis healthcare di Indonesia, juga membantu UMKM dan Anggota GAKESLAB untuk dengan mudah mendapatkan resource product alkes secara nasional," ujar RD Kartono Dwidjosewojo dalam konferensi pers usai Rapat Pleno dan Pengukuhan GAKESLAB Indonesia di The St. Regis Jakarta, Selasa 17 Agustus 2023.

Menurut Kartono, bahwa mendampingi dan membina setiap anggota GAKESLAB juga masih terus dilakukan untuk memajukan usaha alat kesehatan Indonesia di mana GAKESLAB yang telah berusia 46 tahun atau hampir setengah abad dalam kiprahnya tentu telah mengalami banyak sekali dinamika organisasi dalam upaya mendukung dan mensukseskan berbagai program Kementerian Kesehatan.

"GAKESLAB Indonesia sampai saat ini telah memiliki kepengurusan daerah (Pengda) di 23 Provinsi, dengan anggota 1500 anggota terdiri dari hampir 200 manufaktur, dimana 80 persen UMKM dan 20 persen non UMKM, dengan anggota 37 persen distributor pemegang NIE dan 63 persen non pemegang NIE, serta kurang lebih 95 persen anggota merupakan perusahaan lokal dan lebih dari 5 persen adalah PMA (pemodal asing)" terang Kartono.

Ditambahkan lagi mengenai Cara Produksi Alat Kesehatan yang Baik (CPAKB) adalah pedoman, yang digunakan dalam rangkaian kegiatan produksi dan pengendalian mutu.

"Yang bertujuan untuk menjamin agar produk alat kesehatan yang diproduksi senantiasa memenuhi persyaratan yang ditetapkan sesuai tujuan penggunaannya," pungkasnya.

Untuk diketahui RD Kartono Dwidjosewojo yang pada Munas KE-VIII GAKESLAB INDONESIA tanggal 9-10 Agustus 2023 di Yogyakarta mendapat amanah dan titipan untuk menjadi Ketua Umum GAKESLAB INDONESIA periode 2023-2027.

Untuk diketahui dalam acara pelantikan Pengurus Pusat GAKESLAB Periode 2023–2027 diantaranya ikut dihadiri oleh, Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena selaku, Wakil Menteri Kesehatan RI Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono Sp.PD-KEMD, Ph.D, Yukki Nugrahawan Hanafi selaku PLH Ketua Umum KADIN, Sodikin Sadek, M.Kes selaku PLT Direktur Produksi dan Distribusi Alat Kesehatan RI, Elfiano Rizaldi selaku Direktur Eksekutif GP Farmasi, dr. Dyah Eko Judihartanti, MARS selaku Wakil Sekretaris Jenderal ARSADA.

Kemudian ada Imam Subagyo selaku Ketua ASPAKI, Adhi Prihasto selaku Ketua Alfakes, Indri H Wulandari, S.E, M.M selaku Sekretaris Jenderal ILKI, dr. Ling Ichsan Hanafi, MARS, MH selaku Ketua Umum ARSSI, dr.Koesmedi Priharto, Sp.OT M.Kes selaku Wakil Ketua 3 PERSI, Dedy Sudarto selaku Ketua Umum Asosiasi Instalasi Gas Medik Indonesia (AIGMI), Dini Isnarti selaku Senior Vice President Transaction Banking Wholesale Group Bank Mandiri.

Selain itu hadir Alexander Dippo selaku Senior Vice President SME Banking Group Bank Mandiri, Sulaeman selaku Regional CEO V/ Jakarta 3 Bank Mandiri, Ketua Dewan Kehormatan Sugihadi HW.MM, Ketua Dewan Penasehat Daan Ahmadi, Ketua Dewan Etik Ir. Haryono, Ketua Dewan Pakar Ibu Ella Siti Alawiyah dan para Pengurus Pusat Gakeslab Periode 2023-2027.

Baca Juga: Industri Perkebunan Berpegang Teguh Pada Konsep Bisnis Berkelanjutan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: