Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hadir Satu Dekade, BI Beberkan Pencapaian Penting ISEF

Hadir Satu Dekade, BI Beberkan Pencapaian Penting ISEF Kredit Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-10 tahun 2023 resmi digelar di Jakarta pada Kamis (26/10/2023). Kali ini, ISEF 2023 mengangkat tema “Accelerating Sharia Economy and Finance through Digitalizationfor Inclusive and Sustainable Growth".

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam kesempatan pembukaan acara, menyampaikan sejumlah pencapaian penting dalam satu dekade penyelenggaraan ISEF sebagai sebuah karya bersama hamzah washal.

"Capaian tersebut adalah terbentuknya ekosistem ekonomi keuangan syariah di Indonesia yang terintegrasi dan tergitalisasi, penguatan kelembagaan dan regulasi pengembangan ekonomi keuangan syariah secara nasional dan daerah, dan penguatan leadership di berbagai fora internasional," ujarnya. Baca Juga: Buka ISEF 2023, Wapres Resmikan Master Plan Industri Halal dan Aplikasi Satu Wakaf Indonesia

Lebih lanjut, Perry juga menyampaikan sejumlah kebaruan penyelenggaraan ISEF 2023 yaitu peningkatan skala penyelenggaraan melalui International Modest Fashion Festival (IN2MF) sebagai fashion modest terbesar yang terselenggara dengan dukungan berbagai pihak dengan menghadirkan 178 desainer, dan juga produk-produk  UMKM premium binaan BI.

"Kedua, mempromosikan konsumsi makanan halal, melalui Indonesia Internasional Halal Chef Competition (IN2HCC) sebagai kompetisi chef berskala internasional untuk mempromosikan kuliner halal Indonesia kepada dunia. Ketiga, penguatan kolaborasi domestik dan internasional, termasuk penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) yang diikuti potensial buyer dari berbagai negara," jelasnya.

Perhelatan ISEF ke-10 diselenggarakan sepekan di Jakarta Convention Center mulai 25 sampai dengan 29 Oktober 2023 dengan rangkaian kegiatan terdiri dari seminar bertaraf nasional dan internasional, business matching, showcase internasional, dan eksibisi serta bebagai kompetisi. Selain itu, ISEF 2023 juga menjadi momentum bagi penyelenggaraan Mukernas HEBITREN, INHALIFE halal lifestyle, International Hajj Conference, International Muslim Tourism Conference, International Conference on Zakat and Waqf, Tabligh, Talkshow, serta Modest Fashion Show.

Sebelumnya, penyelenggaraan ISEF 2023 telah didahului dengan kegiatan Road to ISEF dalam bentuk Festival Ekonomi Keuangan Syariah (FESyar) sejak Mei 2023. Kegiatan FESyar tersebut diselenggarakan di wilayah Timur Indonesia yang dipusatkan di Kalimantan Timur, wilayah Sumatera dipusatkan di Aceh, dan wilayah Jawa dipusatkan di Jawa Timur. Baca Juga: ISEF-HEI Jadi Momentum Menguatnya Industri Halal di Pasar Global

Penyelenggaraan ISEF ke-10 merupakan kolaborasi antara Bank Indonesia dengan sejumlah lembaga dalam mengakselerasi eksyar yaitu seluruh anggota Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS), Kementerian/Lembaga, Otoritas Jasa Keuangan, Lembaga Penjamin Simpanan, MUI, seluruh mitra strategis internasional: IsDB, IFSB, dan World Zakat Waqf Forum, serta mitra strategis nasional: BPKH, BPJPH, BAZNAS, BWI, Halal Expo Indonesia (HEI),  Pimpinan Provinsi dan Pondok Pesantren yang menyukseskan Fesyar Wilayah, dan Organisasi Masyarakat dan Asosiasi: Pimpinan Pusat Nahdatul Ulama, Muhammadiyah, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), IAEI, IHLC, dan HERBITREN (Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren).

Baca Juga: Industri Perkebunan Berpegang Teguh Pada Konsep Bisnis Berkelanjutan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: