Teruskan Ekspansi Melalui Pembukaan Gerai, Mitra10 Resmikan Superstore di Serang
PT Catur Mitra Sejati Sentosa (CMSS), entitas anak PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) selaku pengelola Mitra10 melakukan ekspansi ke Serang, Banten dengan meresmikan superstore Mitra10 ke-47 yang menempati lahan seluas 14.000 meter persegi and luas bangunan 6.500 meter persegi di Jalan Raya Pandeglang, Kota Serang, Banten.
Mitra10 Serang yang menempati kawasan stategis tersebut menawarkan lebih dari 30.000 Stock Keeping Unit (SKU/ item barang) yang 80% diantaranya merupakan produk dalam negeri.
Presiden Direktur Mitra10, Andy Totong mengungkapkan bila pmilihan Kota Serang merupakan pilihan strategis, untuk memperkuat pasar ritel modern di ujung barat pulau Jawa, mengingat Serang sebagai Ibukota Provinsi Banten terletak di antara daerah industry Cilegon dan Ibu Kota Jakarta. Berdasarkan data BPS Kota Serang, Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Kota Serang tahun 2022 mencapai sebesar 4,71 persen, angka tersebut naik dibandingkan pencapaian tahun 2021 yakni sebesar 3,8 persen.
“Terlebih sektor properti berdasarkan data 2022 tercatat sebagai tiga besar sektor yang memberikan kontribusi positif kepada Kota Serang, bahkan baru saja Pemerintah memberikan keringanan berupa pembebasan pajak bagi rumah di bawah Rp2 M. Stimulus ini akan semakin mendongkrak pertumbuhan sektor properti,” ungkap Andy, dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (1/11/2023).
Keberadaan Mitra10 sebagai peritel modern di bidang bahan bangunan dan home improvement dipercaya akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian setempat. Selain menyerap puluhan tenaga kerja lokal, juga berkontribusi posiitf terhadap sumber pendapatan asli daerah melalui pajak.
Andy Totong menambahkan, tahun ini (2023) Mitra10 sudah membuka 2 toko baru yakni berlokasi di Bintaro Jaya dan Serang, Banteng. Setelah itu, Kota Tasikmalaya akan menjadi tujuan ekspansi terakhir untuk menggenapkan target ekspansi 3 toko baru di 2023.
Mitra10 merupakan ritel modern bahan bangunan dan home improvement terbesar di Indonesia dengan 47 cabang yang tersebar di Jabodetabek, Serang, Cibarusah, Cikarang, Karawang, Cirebon, Yogyakarta, Semarang, Solo, Sidoarjo, Surabaya, Malang, Bali, Lampung, Palembang, Medan, Batam, Lombok, Makassar, Balikpapan, dan Pekanbaru.
Sejak awal pendirian, Mitra10 menargetkan pemilik rumah/ properti baik itu residensial maupun komersial (ruko, café, rukan dan apartement) dengan menawarkan konsep one stop shopping. Selain itu dengan desain layout barang yang di tata apik dan suasana belanja yang aman dan nyaman, para pengunjung juga terbebas dari permainan harga karena sebagai ritel modern, Mitra10 sudah menerapkan kebijakan price integrity dengan mencantumkan harga pada tiap SKU.
Erick Koswara, GM Marketing dan Komunikasi Mitra10 mengatakan, kini warga Serang dan sekitarnya bisa berbelanja aneka kebutuhan renovasi rumah hingga perlengkapan dan peralatan elektronik di satu tempat. “Barang-barang yang ditawarkan juga sama dengan yang kami pasarkan di seluruh jaringan Mitra10 di Indonesia. Sehingga warga Serang, Banten dan sekitarnya tidak perlu ke Jakarta untuk belanja kebutuhan produk terbaru cat, keramik, keran, genteng hingga TV,” terang Erick.
Selain menjual brand-brand kenamaan dari principal, Mitra10 juga memiliki Private Brand yakni Zehn, Tidy, Sincere, Durafloor, Fiorano dan Ceramax, Durevole, Glucklich, Winst, Heatsafe, Aquamax. Dengan demikian konsumen memiliki beragam opsi merek, desain dan harga yang berkualitas tinggi.
Erick Koswara menambahkan, Mitra10 berupaya menjadi jejaring ritel modern bahan bangunan dan perlengkapan rumah tangga terbaik di Indonesia. Dengan prinsip, “Murah, Lengkap dan Nyaman” Mitra10 merupakan destinasi berbelanja bahan bangunan terdepan di Indonesia. Untuk Mitra10 Serang, Banten kami memproyeksikan mampu menarik pengunjung hingga 10.000 orang per bulan.
Bahkan selama masa pembukaan (promosi Grand Opening) Mitra10 memiliki beragam promo menarik bagi para pengunjung seperti Crazy Price dengan garansi harga termurah, potongan diskon khusus member Mitra10 dan point rewards, merchant benefit, serta discount khusus bank tertentu bahkan cicilan 0% hingga 12 bulan.
Medya Ika Ayu, Manajer Promosi dan Advertising Mitra10 mengatakan, apabila pelanggan berhalangan datang ke toko offline. Mereka dapat mengakses serta mendapatkan produk-produk yang dipasarkan Mitra10 secara online. Mitra10 dalam penjualan online mengunakan konsep Omnichannel, sehingga memungkinkan pelanggan berbelanja dengan mudah di berbagai platform, baik Online maupun Offline. Mitra10 memberikan pengalaman berbelanja inovatif degan akses 24/7 melalui plaform digital termasuk website Mitra10.com, berbagai marketplace, dan melalui Whatsapp Business Chat pada jam operasional toko. Mitra10.com merupakan supermarket bahan bangunan yang memberikan kenyamanan berbelanja kapan saja dan dimana saja.
Dengan peresmian Mitra10 Serang, Banten, maka total superstore yang dimiliki sudah mencapai 47 toko. Dan menjelang akhir tahun, akan menambah 1 toko baru lagi di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat sehingga jumlah toko Mitra10 akan mencapai 48 toko.
Baca Juga: Ekspansi Segmen Ritel Moderen, CSAP Buka Gerai Baru Mitra10 dan Atria
Idrus H. Widjajakusuma, Corporate Secretary PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (IDX: “CSAP”) selaku Perusahaan induk, Mitra10 bernaung, menyatakan pihaknya terus melakukan ekspansi jejaring ritel modern bahan bangunan & home improvement Mitra10. Bahkan kami telah menetapkan target ekspansi jangka menengah yakni memiliki 100 toko Mitra10 di seluruh Indonesia.
Untuk mendukung rencana ekspansi tersebut, pertengahan tahun 2023. Perseroan telah merampungkan aksi korporasi berupa penerbitan saham baru (right issue) senilai Rp857 miliar. Rencananya, seluruh dana hasil right issue untuk setoran modal bagi PT Catur Mitra Sejati Sentosa. Oleh anak usaha itu, dana itu akan dibelikan asset berupa tanah dan dana ekspansi 6 toko baru di Sumatera Utara, Jambi, Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, dan Bali dengan total dana investasi sebesar Rp350 miliar.
CSAP selaku pemilik 99,9% saham dari PT Catur Mitra Sejati Sentosa (CMSS) selaku pengelola Mitra10 menyampaikan bawasannya, strategi agresif di ritel modern ini selain memperkuat pangsa pasar juga terbukti dapat meningkatkan kinerja, khususnya sebagai motor pertumbuhan.
Mitra10 telah tumbuh 8,7x lipat sejak tahun 2009 dan sekarang menawarkan lebih dari 65.000 SKU, menjadikan Mitra10 sebagai jaringan ritel moderen terbesar untuk bahan bangunan dan Home Improvement di Indonesia.
Pertumbuhan tersebut otomatis memperkuat komposisi pendapatan Perseroan secara konsolidasi. Dimana CSAP sebelumnya antara segmen distribusi dengan segmen ritel modern memiliki proposi 80 banding 20 persen dengan ritel modern. Dengan semakin agresif-nya Perseroan melakukan ekspansi, kini komposisi 66% banding 34%. Hal tersebut berdampak pada peningkatkan kinerja marjin secara konsolidasi dan pada akhirnya meningkatkan kinerja laba Perseroan.
Idrus H. Widjajakusuma mengatakan, “Pada semester 1-2023 pendapatan CSAP mencapai Rp7,8 triliun atau tumbuh 5% dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu. Sedangkan segmen ritel berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp2,9 triliun, tumbuh 7,7% apabila dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Angka tersebut setara kontribusi sebesar 34% terhadap total pendapatan konsolidasian Perseroan.”
“Kami percaya kinerja positif ini akan berlanjut hingga akhir tahun 2023 mendatang dan mencapai target penjualan sebesar Rp16 triliun” papar Idrus H Widjajakusuma menutup keterangan pers.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri
Advertisement