Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

E-Commerce Telah Menjadi Bagian Penting Rantai Distribusi dan Konsumsi

E-Commerce Telah Menjadi Bagian Penting Rantai Distribusi dan Konsumsi Kredit Foto: SWA
Warta Ekonomi, Jakarta -

SWA dan Business Digest Apresiasi Perusahaan dan Brand Melalui Penghargaan E-commerce dan Industri Kesehatan

Disrupsi digital selalu menunjukkan impact-nya terutama dalam persaingan penjualan brand yang ada di berbagai industri maupun kategori. Tak hanya itu, E-Commerce juga “mendikte” keberadaan dari brand, baik secara trafik maupun volume penjualan. 

Fenomena ini juga melanda industri kesehatan, dimana tingkat kepuasan pelanggan saat ini dapat diketahui secara langsung dan transparan. Kini, telah banyak pemain di industri kesehatan yang mengadopsi teknologi digital sebagai garda terdepan dalam membangun kepuasan pelanggan. 

Melihat fenomena tersebut SWA dan Business Digest menyelenggarakan seminar dan awarding yang bertajuk Indonesia Customer Satisfaction Champion in Healthcare Services Award dan Indonesia Best Selling Brand in E-Commerce Award pada Selasa, 31 Oktober 2023. 

Penghargaan Best Selling Brand in e-commerce Market 2023  hasil kerja sama SWA dan Compas.co.id yang didapat dengan melakukan Crawling data penjualan dari dua platform e-commerce terbesar di Indonesia, Shopee dan Tokopedia. 

Baca Juga: Potensi Media Sosial untuk Bisnis Melalui Digital Marketing dan Brand Awareness

Kemal E. Gani, Chief Editor SWA Media Group mengatakan bahwa latar belakang inisiatif SWA dan Compas.co.id untuk penghargaan yang Indonesia Best Selling Brand in E-Commerce Award. Menurutnya, saat ini e-commerce menjadi bagian yang semakin penting dalam rantai distribusi produk dan proses konsumsi pelanggan.

“Sejak 2021 menyelenggarakan program Indonesia Best Selling Brand in E-Commerce Award  sebagai upaya mendukung pertumbuhan e-commerce. Program ini juga dapat menjadi salah satu bentuk pengukuran performa sebuah merek dan toko online di ranah e-commerce,” tuturnya. 

Hanindia juga menjelaskan dalam pemberian “Indonesia Best Selling Brand in E-Commerce Award”, pihaknya melakukan Crawling data pada 4 kategori utama yaitu: beauty & care, food & beverage, mom & baby serta health.

Baca Juga: Ini Alasan Besar Mengapa Media Sosial Harus Dipisah Dengan E-commerce

Dari empat kategori tersebut terdapat 37 sub kategori produk yang dinilai dan dibuatkan peringkat berdasarkan metodelogi crawling data di dua platform e-commerce terbesar yaitu Tokopedia dan Shopee. Crawling dilakukan terhadap merek atau produk dengan rating Bintang 4 keatas. Data yang diriset merupakan data periode 1 Januari 2022 – 25 Desember 2022. Dari 37 sub kategori tersebut kemudian diambil top 10 merek/produk di setiap kategorinya. 

Adapun penerima Indonesia Best Selling Brand in E-Commerce Award antara lain Evolene, mGanik Nutritions, Azarine, Yummy Bites, MS Glow, Newlab+, Enfagrow A+, Enfamil A+, Implora Cosmetics, Roove, Tolak Angin, dan Sasa. Sementara Indonesia Customer Satisfaction Champion in Healthcare Services Award diraih oleh PT Siloam Internasional Hospitals Tbk (Grup RS Siloam), RS Awal Bros Group, Mandaya Hospital Group dan Vena Wasir Center (PT Rumah Wasir Andalan).

Baca Juga: Erick Thohir Bakal Kembali Laporkan Dua Dapen yang Dikelola BUMN ke Kejagung

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitriyani
Editor: Annisa Nurfitriyani

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: