WIR Group Catat Pertumbuhan Pendapatan Konsolidasi 55,4% Selama Periode Sembilan Bulan Tahun 2023
WIR Group (PT WIR ASIA Tbk), perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) terkemuka di Asia Tenggara berhasil membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp1.876,2 miliar, meningkat 55,4% secara tahun-ke-tahun (9M-2022: Rp1.207,6 miliar).
Perseroan turut mencatatkan EBITDA dan laba bersih masing-masing sebesar Rp108,1 miliar dan Rp52,1 miliar, yang masing-masing meningkat sebesar 81,9% (9M-2022: Rp 59,4 miliar) dan 40,4% (9M-2022: Rp 37,1 miliar) secara tahun-ke-tahun.
Peningkatan ini bersumber dari pertumbuhan pendapatan konsolidasi Perseroan sepanjang periode sembilan bulan tahun 2023 yang berkesinambungan, berkelanjutan, serta fokus dalam menjaga profitabilitas.
Baca Juga: Gandeng Faber-Castell, WIR Group Bawa Seni ke Era Digital
Pencapaian kinerja Perseroan pada periode sembilan bulan tahun 2023 merupakan aktualisasi dari ekspansi pendapatan layanan solusi platform digital.
Ekspansi model bisnis ini menghasilkan pendapatan pada segmen penjualan barang dan komisi transaksi via platform serta promosi dan iklan via platform, sebesar Rp1.738,6 miliar, meningkat sebanyak 64,5% berdasarkan perhitungan secara tahun-ke-tahun (9M 2022: Rp1.056,8 miliar).
Perseroan juga berhasil meningkatkan pendapatan dari segmen penjualan barang dan komisi transaksi via platform dan promosi dan iklan via platform yang mengalami pertumbuhan tahun-ke-tahun sebesar Rp628,3 miliar dan Rp53,4 miliar, atau sebesar 65,5% dan 54,9% dibandingkan dengan periode sembilan bulan di tahun 2022.
Pertumbuhan pendapatan ini menunjukkan konsistensi dan keberhasilan Perseroan dalam mengembangkan ekosistem layanan solusi platform digital yang memiliki skalabilitas tinggi melalui anak usahanya, yaitu DAV, Mindstores, dan Minar.
Direktur Utama WIR Group, Michael Budi Wirjatmo menjelaskan, “Perseroan berhasil menjaga momentum pertumbuhan yang sangat positif selama periode sembilan bulan tahun 2023 dengan menghasilkan pendapatan sebesar Rp1.876,2 miliar, yang meningkat sebesar 55,4% dari periode yang sama pada tahun sebelumnya."
"Peningkatan tersebut juga diiringi peningkatan laba di mana Perseroan berhasil membukukan EBITDA dan laba bersih sebesar Rp108,1 miliar dan Rp52,1 miliar, yang masing-masing meningkat sebesar 81,9% dan 40,4% secara perbandingan tahun-ke-tahun. Perseroan berkomitmen untuk menjaga momentum positif tersebut dengan mengembangkan ekosistem solusi ‘smart society’ dan dunia O2O (Online to Offline) metaverse dalam memasuki era Web 3.0 secara berkesinambungan dan berkelanjutan,” lanjutnya.
Sebagai perusahaan pengembang teknologi Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI), WIR Group menyediakan layanan solusi bespoke dan layanan solusi platform digital dengan model bisnis Business-to-Business (B2B) dan Business-to-Business-to-Consumer (B2B2C)/Business-to-Consumer (B2C) kepada para mitranya dari berbagai sektor industri.
Layanan solusi bespoke memberikan solusi dan pengalaman digital yang disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan pengguna yang dilakukan secara project based dan menghasilkan segmen pendapatan pengembangan dan konsultasi merek dan IT.
Baca Juga: Artificial Intelligence Center Indonesia: Kenalkan dan Kembangkan AI Bersinergi dengan Pendidikan
Sementara itu, layanan solusi platform digital adalah solusi digitalisasi bisnis bagi mitra dan pelanggan.
WIR Group memiliki strategi yang fokus pada pengembangan dan optimalisasi solusi bisnis berbasis teknologi canggih, seperti Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan Artificial Intelligence (AI), serta teknologi Web 3.0.
Solusi ini terutama berfokus pada platform digital yang dapat diterapkan di berbagai sektor industri. Hal ini telah menghasilkan pendapatan yang stabil dan dapat berkembang secara signifikan bagi Perseroan.
Pendapatan ini berasal dari berbagai sumber, termasuk penjualan berbagai barang dan produk digital melalui platform, komisi dari transaksi yang terjadi di platform, serta kegiatan promosi dan iklan di platform.
Melalui anak perusahaan-perusahaannya, WIR Group terus mengembangkan ekosistem solusi platform digital dengan tingkat skalabilitas yang tinggi. Komitmen ini bertujuan untuk memberikan inovasi teknologi yang membawa nilai tambah bagi mitra dan pelanggan.
Sebagai hasilnya, WIR Group menjadi pilihan utama dalam mendukung transformasi digital di Indonesia. Dengan kata lain, WIR Group terus berusaha untuk menjadi pelopor dalam menghadirkan teknologi mutakhir dan meningkatkan pengalaman digital di industri tanah air.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait:
Advertisement