Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lindungi Pekerja Migran, Wapres: Mereka Harus Dapat Akses Layanan dan Perlindungan Hukum

Lindungi Pekerja Migran, Wapres: Mereka Harus Dapat Akses Layanan dan Perlindungan Hukum Kredit Foto: Rena Laila Wuri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pekerja Migran Indonesia (PMI) saat ini masih menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar bagi negara. Namun, para tenaga kerja yang bekerja di luar negeri tersebut sering kali menghadapi permasalahan, termasuk masalah hukum. 

Untuk itu, dalam kunjungannya ke Slovakia, Wapres meminta KBRI Bratislava memastikan seluruh WNI dan PMI di Slovakia benar-benar mendapat akses pelayanan dan perlindungan, khususnya di bidang hukum.

Baca Juga: Hadapi Pilpres, Wapres Ma'ruf Amin Tinjau Kesiapan KBRI

“Saya meminta agar KBRI Bratislava memastikan WNI dan pekerja migran Indonesia di Slovakia benar-benar mendapat akses pelayanan dan perlindungan yang memadai, termasuk perlindungan hukum dan hak-hak pekerja sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan,” intruksinya saat menyampaikan sambutan pada acara Dialog Kebangsaan di Grand Hotel River Park, Bratislava, Slovakia, Minggu pagi (26/11/2023).

Lebih lanjut, pada kesempatan yang sama, Wapres juga menyampaikan beberapa pesan dan harapan penting kepada para PMI di Slovakia.

“Pertama, saya berharap seluruh masyarakat Indonesia di luar negeri, termasuk di Slovakia, dapat menjadi duta budaya bangsa Indonesia,” pintanya.

Tidak hanya itu, ia juga mengharapkan para WNI di luar negeri dapat memperkenalkan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi dan falsafah hidup bangsa Indonesia.

“Perkenalkan Indonesia kepada masyarakat dunia melalui cara pandang dan cara hidup yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, baik dalam pergaulan maupun pekerjaan,” imbuhnya.

Selanjutnya, Wapres meminta para WNI agar memahami serta mematuhi ketentuan dan peraturan yang berlaku di negara yang ditempati.

Baca Juga: Salat Jumat di Masjid Athena, Wapres Ajak Komunitas Muslim Doakan Korban-korban di Gaza

“Hormati ketertiban dan peraturan di negara setempat. Jadilah cermin bagi Indonesia yang dikenal ramah, sopan, dan santun,” pesannya.

Baca Juga: Konsisten dalam Pengembangan Energi Baru Terbarukan, Pertamina Group Ini Gaet Penghargaan IGA 2024

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Aldi Ginastiar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: