Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dukungan HCML dalam Mengembangkan Integrasi Kapabilitas Dalam Negeri

Dukungan HCML dalam Mengembangkan Integrasi Kapabilitas Dalam Negeri Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Husky - CNOOC Madura Limited (HCML) dengan bangga mengumumkan partisipasinya dalam Forum Kapasitas Nasional (Kapnas) III Tahun 2023 pada kegiatan usaha hulu migas di Indonesia. Acara yang diselenggarakan oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bertujuan untuk memperluas wawasan industri hulu migas di Tanah Air, mempererat kerja sama di antara Kontraktor Kerja Sama (KKKS), serta Business Matchmaking antara SKK Migas, KKKS, dan Penyedia Barang/Jasa Dalam Negeri.

Dengan mengusung tema “Pengembangan Integrasi Kapabilitas Dalam Negeri dalam rangka Peningkatan Kapasitas Nasional”, diharapkan menjadi wadah yang efektif dalam mengembangkan kapabilitas dalam negeri sehingga dapat terus meningkatkan pencapaian TKDN yang dalam beberapa tahun terakhir telah melebihi target yang ditetapkan oleh Pemerintah dan dapat turut memberikan efek berganda di lingkungan hulu migas Indonesia.

Acara ini telah berlangsung pada Kamis-Jumat, 23-24 November 2023, di Jakarta Convention Center (JCC). Berbeda dengan booth partisipan lainnya, partisipasi HCML dalam booth eksibisi memiliki keunikan tersendiri yang menjadikan booth HCML dinobatkan sebagai salah satu booth terbaik KKKS di acara Forum Kapnas III.

Dengan mengunjungi booth HCML, pengunjung diharapkan dapat merasakan sensasi berada di fasilitas lepas pantai kegiatan usaha hulu migas. Hal tersebut karena booth HCML mengadopsi salah satu fasilitas produksi terbarunya, yaitu Mobile Offshore Unit Production Unit (MOPU) yang merupakan “The First MOPU Designed and Constructed in Indonesia” dan menjadi salah satu kriteria penilaian HCML dalam mendapatkan penghargaan bergengsi pada IOG 2023 sebagai “The Best Local Content Achievement”, selain pencapaian TKDN HCML yang melebihi 30% dari target Pemerintah.

Selain itu, pengunjung yang hadir juga mendapatkan wawasan seputar kegiatan operasi HCML beserta dengan gambaran nyata fasilitas produksi HCML melalui prototype dari Floating Production Storage and Offloading (FPSO) di lapangan BD, Floating Production Unit (FPU) di lapangan MDA_MBH dan MOPU di lapangan MAC. Dimana, hasil produksi dari ketiga fasilitas tersebut telah menjadikan HCML mencapai Visi besarnya, yaitu “The Biggest Gas Producer in East Java”.

Adapun hasil produksi tersebut telah menjadi kontribusi aktif untuk menunjang perekomomian dalam negeri di beberapa sektor, seperti pupuk, listrik dan jaringan gas bersubsidi.

Tidak hanya itu, HCML juga aktif dalam program pengembangan masyarakat. Di acara Forum Kapnas III ini, HCML menampilkan salah satu UMKM binaan asal Pulau Madura, yaitu UMKM Ghe-ik Bintang Timur asal Kabupaten Sampang yang telah bersertifikat halal untuk memproduksi minuman herbal berbahan dasar jahe merah.

Partisipasi HCML dalam acara Forum Kapnas III tahun 2023 merupakan realisasi atas komitmen HCML mendukung program Pemerintah dalam mencapai target produksi 1 juta barel per hari dan 12 miliar gas standar kaki kubik per hari (bscfd) di tahun 2030

Baca Juga: Industri Perkebunan Berpegang Teguh Pada Konsep Bisnis Berkelanjutan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: